Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Lockdown 309 Tahun karya Emha Ainun Nadjib

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Khariri, Imam Arif Munandar (2021) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Lockdown 309 Tahun karya Emha Ainun Nadjib. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Arif Munandar Al Khariri_D91217100.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena akhir-akhir ini tentang mewabahnya Virus Coronoa atau COVID-19 membuat semua orang seakan-akan terkena ledakan besar disertai dentuman keras yang memekakkan telinga yang dapat membuat luka goresan hingga kematian. Krisis dalam segala bidang juga terasa berubah dengan drastis pada sisi yang negatif. Sebagaimana bidang yang lain,bidang pendidikan juga terkena imbasnya. Penulis melihat bahwa terdapat nilai pendidikan Islam yang dapat digali melalui fenomena ini. Ditambah dengan terbitnya buku dengan judul Lockdown 309Tahun karya Emha Ainun Nadjib bersamaan dengan meledaknya kasus Virus COVID-19 di Indonesia yang memuat refleksi, kritik dan nilai-nilai positif dalam menyikapi fenomena mewabahnya Virus COVID-19 membuat semakin tergugah dalam menganalisa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam buku tersebut. Menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), mengambil sumber yang memiliki keterkaitan tema dengan judul menggunakan teknik Content Analysis atau analisis isi dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan cara mencari dan mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam buku Lockdown 309 Tahun ini. Analisis nilai-nilai pendidikan Islam memuat nilai akidah, nilai ibadah serta nilai akhlak yang terkandung dalam buku Lockdown 309Tahun dengan menguraikannya secara runtut dengan diiringi setiap kutipan lalu diklasifikasikan dalam bentuk tabel dengan lebih rinci. Memperoleh kesimpulan akhir pada aspek akidah dengan sikap menjaga keimanan dan kepatuhan kepada Allah SWT., pada aspek ibadah dengan sikap konsisten dalam beribadah dan mengaitkan segala sesuatu agar bernilai ibadah serta aspek akhlak dengan sikap menjaga sikap dan perilaku terhadap Allah SWT., orang tua, diri sendiri dan sesama makhluk. Dari kepenulisan ini terdapat pelajaran untuk membiasakan diri untuk terus menumbuhkan nilai mutu sebagai seorang hamba di mata Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Khariri, Imam Arif Munandarimamarif100@gmail.comD91217100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan Islam
Buku
Keywords: Nilai Pendidikan Islam; Buku Lockdown 309 Tahun.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Arif Munandar Al Khariri
Date Deposited: 05 Sep 2021 23:39
Last Modified: 05 Sep 2021 23:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50211

Actions (login required)

View Item View Item