Implementasi kreativitas guru pada program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) masa pandemi di SD Plus Muhammadiyah Brawijaya dan MI Al-Muhsinun Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wari, Endras (2021) Implementasi kreativitas guru pada program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) masa pandemi di SD Plus Muhammadiyah Brawijaya dan MI Al-Muhsinun Kota Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endras Wari_F52A19288.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian studi multi situs. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan objek penelitian adalah (kreativitas) guru. Hasil penelitian menjelaskan 1) Guru SD Plus Muhammadiyah Brawijaya dan MI Al Muhsinun telah berupaya untuk tetap menerapkan program GLS di masa pandemi. Pada kategori person guru SD Plus Muhammadiyah Brawijaya memiliki karakteristik/ kepribadian yang kreatif dan pada kategori process, guru dapat melaksanakan proses berkreativitas pada penerapan GLS selama masa pandemi. Sedangkan di MI Al Muhsinun pada kategori person guru belum memiliki karakteristik/ kepribadian kreatif dan pada kategori process, guru juga belum mampu melaksanakan proses berkreativitas pada penerapan GLS masa pandemi secara optimal. 2) Dampak implementasi kreativitas guru pada penerapan GLS masa pandemi di SD Plus Muhammadiyah adalah variasi media literasi, penurunan motivasi membaca anak, dan peningkatan profesionalisme guru. Sedangkan di MI Al Muhsinun adalah penurunan literasi pada siswa dan bertambahnya pengetahuan dan pengalaman siswa pada penggunaan teknologi. 3) Hambatan implementasi kreatifitas guru pada program GLS masa pandemi di SD Plus Muhammadiyah adalah motivasi atau support siswa, ketidakoptimalan guru dalam mengawasi penerapan program GLS, gangguan sinyal/ jaringan, dan kurangnya pendampingan/ respon orang tua kepada anak. Sedangkan di MI Al Muhsinun adalah kurangnya tanggung jawab siswa dan pengawasan guru, antusias siswa dan dukungan orang tua yang belum optimal, terbatasnya penggunaan fasilitas pada penerapan GLS, serta minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang penerapan GLS pada guru dan kepala sekolah. Pada kategori press (dorongan/dukungan) di SD Plus Muhammadiyah Brawijaya menjelaskan bahwa guru mendapat banyak dukungan dari berbagai aspek sehingga dapat memunculkan kreativitas untuk menerapkan GLS masa pandemi. Sedangkan di MI Al Muhsinun menjelaskan bahwa dukungan yang didapat guru belum optimal sehingga guru mengalami hambatan untuk memunculkan kreativitas pada penerapan GLS masa pandemi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wari, Endrasw.endras76@gmail.comF52A19288
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Perpustakaan
Keywords: Implementasi; Kreativitas Guru; Gerakan Literasi Sekolah; Masa Pandemi.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wari Endras
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:34
Last Modified: 10 Sep 2021 02:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50204

Actions (login required)

View Item View Item