Analisis hukum islam terhadap jasa pompanisasi tambak sawah di Desa Glagah Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ro'fah, Nada Miftahir (2021) Analisis hukum islam terhadap jasa pompanisasi tambak sawah di Desa Glagah Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nada Miftahir Ro'fah_C92217157.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan tentang: (1) bagaimana praktik jasa pompanisasi tambak sawah di Desa Glagah Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan (2) bagaimana analisis hukum Islam terhadap jasa pompanisasi tambak sawah di Desa Glagah Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini mengambil 5 (lima) orang responden, yang terdiri dari dua pengurus HIPPA (Himpunan Petani Pengguna Air) dan tiga petani tambak sawah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Teknik observasi dilakukan dengan mengamati apa yang terjadi dalam pembayaran upah jasa pompanisasi. Teknik dokumentasi dilakukan dengan mangambil data-data yang sudah ada untuk dianalisis. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa praktik pompanisasi tambak sawah di Desa Glagah kecamatan Glagah kabupaten Lamongan dilakukan oleh pengurus HIPPA menyewakan jasa pompanisasi tambak sawah kepada petani tambak sawah untuk yang mengaliri tambak sawahnya. Penerapaan akad ija>rah dalam sewa menyewa jasa pompanisasi tambak sawah di Desa Glagah Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan tidak sesuai dengan Hukum Islam, karena petani tambak sawah terpaksa membayar biaya tambahan upah jasa pompanisasi yang tidak sesuai diawal perjanjian sehingga tidak memenuhi syarat dan rukun ijarah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak-pihak yang terkait mengetahui hak dan kewajibannya. Pertama, petani tambak sawah sadar akan kewajiban membayar upah jasa pompanisasi tambak sawah sesuai waktu yang telah ditentukan. Kedua, pengurus HIPPA seharusnya memperkirakan jumlah uang sewa jasa pompanisasi tambak sawah dengan baik sehingga tidak ada lagi biaya tambahan yang tidak sesuai dengan kesepakatan para pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ro'fah, Nada Miftahirnadamiftahirrofah@gmail.comC92217157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam > Ijarah
Hukum > Hukum Perdata Islam
Sewa
Keywords: Jasa pompa; Himpunan petani pengguna air; Sewa menyewa.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nada Miftahir Ro'fah
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:47
Last Modified: 09 Sep 2021 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50202

Actions (login required)

View Item View Item