KARYA FOTO SEBAGAI AKTUALISASI DIRI : STUDI PADA KOMUNITAS FOTOGRAFER PADA AKUN GRUP JEPRET (JEJAK POTRET) DI SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK

Ridwan, Mohammad (2014) KARYA FOTO SEBAGAI AKTUALISASI DIRI : STUDI PADA KOMUNITAS FOTOGRAFER PADA AKUN GRUP JEPRET (JEJAK POTRET) DI SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, terdapat satu fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana bentuk pengungkapan diri dalam foto-foto yang terdapat pada akun grup Jepret di situs jejaring sosial facebook.
Untuk mangungkap fokus penelitian tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan interpretatif yang secara metodologis akan dipahami dan dideskripsikan sebagai bentuk pengungkapan diri dalam foto pada account grup facebook. Mendukung pendekatan interpretif, digunakan tradisi fenomenologi yang fokus pada pengalaman seseorang, termasuk pengalamannya dengan orang lain.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) bentuk pengungkapan diri dalam foto yang terdapat pada account grup Jepret di situs jejaring sosial facebook adalah tentang adanya rasa bangga ketika seseorang fotografer mengapload hasil karyanya kedalam media sosial facebook dan mendapatkan apresiasi dari orang lain baik berupa “like” ataupun komentar-komentar yang membangun serta mendapat pujian. (2) eksistensi diri dapat diperoleh dengan terus mengenalkan karya foto kepada khalayak luas, dari sinilah mereka akan diakui sebagai seorang fotografer dengan dengan hasil karya yang mereka apload. Dan dalam konsep hirarki kebutuhan Abraham Maslow kebutuhan tertinggi bagi individu adalah aktualisasi diri.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat dipertimbangkan bagi beberapa pihak adalah (1) Bagi program studi komunikasi diharapkan dapat mencetak generasi generasi yang ahli berkomunikasi dan sadar akan realitas komunikasi antarpribadi yang harus berwawasan luas.(2) Bagi para pembaca dan peneliti yang ingin melakukan penelitian dengan fokus masalah yang sama dengan penelitian ini, disarankan agar melakukan dengan lebih tekun dengan metode perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan kasus negatif karena penuturan subyektif dari informan yang merupakan data primer dari penelitian ini harus diperiksa konsistensinya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yoyon Mudjiono
Uncontrolled Keywords: Karya Foto; Aktualisasi Diri
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 08:49
Last Modified: 09 Feb 2015 08:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item