Analisis pengaruh CAR,LDR, BOPO dan NPL terhadap Return On Asset: studi kasus pada bank pemerintah dan bank swasta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizia, Fatima Nur (2021) Analisis pengaruh CAR,LDR, BOPO dan NPL terhadap Return On Asset: studi kasus pada bank pemerintah dan bank swasta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatima Nur Azizia_G03217018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan dan letak perbedaan kinerja bank pemerintah dengan bank swasta di Indonesia periode 2015-2019 secara spesifik, mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh CAR, LDR, NPL dan BOPO terhadap ROA bank pemerintah serta bank swasta. Adapun penelitian ini didasarkan pada fenomena-fenomena yang berdampak pada kinerja bank seperti penurunan opti-misme kredit akibat write off yang berdampak pada perbaikan pencapaian NPL, pengampunan pajak (Tax amnesty) yang berdampak pada peningkatan bunga dan permodalan terutama pada CAR dan ROA serta melemahnya nilai tukar rupiah yang berdampak penurunan kecukupan, penurunan dana pihak ketiga dan kenaikan kredit bermasalah pada kurun waktu 2015-2019 serta ditemukan unkonsistensi hasil penelitian-penelitian terdahulu. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif menggunakan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan studi kasus yang diperoleh dari annual report dari setiap perbankan yang digunakan sebagai obyek beserta data pendukung lainnya seperti dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kinerja bank pemerintah dengan bank swasta dilihat dari empat variabel yang digunakan (CAR, LDR, NPL dan ROA). Sedangkan pada variabel BOPO menunjukkan terdapat perbedaan kinerja secara signifikan pada kedua bank tersebut. Sedangkan terkait dengan pengaruh CAR, LDR, NPL dan ROA menghasilkan, CAR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA bank pemerintah dan bank swasta. LDR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA bank pemerintah dan berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA bank swasta. NPL ber-pengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA bank pemerintah dan bank swasta ser-ta BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA bank pemerintah dan ber-pengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA bank swasta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizia, Fatima Nurnuraziziaf@gmail.comG03217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id199305032019032020
Subjects: Bank dan Perbankan
Keywords: CAR; LDR; BOPO; NPL; ROA; Bank pemerintah; Bank swasta.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Fatima Azizia
Date Deposited: 06 Sep 2021 21:26
Last Modified: 06 Sep 2021 21:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50175

Actions (login required)

View Item View Item