Implementasi etika bisnis Islam dalam proses produksi dan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Restoran Ayam Geprek Sa'i Cabang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Iffa Inayatus (2021) Implementasi etika bisnis Islam dalam proses produksi dan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Restoran Ayam Geprek Sa'i Cabang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffa Inayatus Sa'adah_G94217171.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang implementasi etika bisnis Islam dalam sebuah restoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses produksi dan pelayanan, implementasi etika bisnis Islam dalam proses produksi dan pelayanan, serta dampak dari implementasi etika bisnis Islam tersebut dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara secara langsung kepada beberapa narasumber yaitu supervisor, karyawan produksi, kasir, pelayan, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi di Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan meliputi beberapa tahap yaitu: perencanaan produksi, pengadaan bahan baku, serta pelaksanaan produksi berdasarkan resep restoran. Pelayanan di Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan diberikan dalam waktu yang cepat sebagaimana konsep fastfood yang diterapkan serta sesuai dengan lima kualitas pelayanan. Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan telah menerapkan etika bisnis Islam dalam proses produksi dan pelayanan melalui lima prinsip yang ada di dalamnya yaitu prinsip ketauhidan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajkan. Implementasi etika bisnis Islam tersebut memberikan dampak dalam meningkatkan kepuasan konsumen terutama pada kepuasan terhadap produk dan pelayanan. Hal ini ditunjukkan dengan terbentuknya loyalitas konsumen melalui pembelian yang dilakukan secara terus-menerus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Iffa Inayatusinayahiffa1@gmail.comG94217171
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id197005142000031001
Subjects: Bisnis
Etika
Keywords: Etika bisnis Islam; Proses produksi; Pelayanan; Kepuasan konsumen.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iffa Inayatus Sa'adah
Date Deposited: 05 Sep 2021 20:55
Last Modified: 05 Sep 2021 20:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50150

Actions (login required)

View Item View Item