Strategi pemasaran tabungan emas Tokopedia dan Shopee dalam perspektif perilaku konsumen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Fahad (2021) Strategi pemasaran tabungan emas Tokopedia dan Shopee dalam perspektif perilaku konsumen. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahad Abdillah_F02419117.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Strategi Pemasaran Tabungan Emas Tokopedia dan Shopee dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan memahami strategi pemasaran tabungan emas Tokopedia dan Shopee dalam perspektif perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah konsumen atau pengguna Marketplace Tokopedia dan pengguna Marketplace Shopee yang menjadi nasabah tabungan emas Pegadaian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsumen tabungan emas sebagian besar adalah dari latar belakang ibu rumah tangga, mahasiswa atau pelajar dan wiraswasta. Strategi pemasaran dari Tokopedia yang menarik minat konsumen adalah program misi emas, sedangkan strategi pemasaran Shopee yang menarik minat konsumen adalah promosi voucher cashback dan game tanam emas. Aspek internal pada perilaku konsumen tabungan emas meliputi pengetahuan tentang produk, pengolahan informasi, persepsi dan motivasi. Aspek eksternal meliputi pengaruh kelompok referensi dalam hal ini grup Facebook shopee tanam dan keluarga. Tindakan pasca konsumsi yang banyak dilakukan adalah menambah jumlah tabungan lagi, dan sebagian akan menjual lagi ketika harga sudah naik melebihi harga beli. Konsumen tabungan emas hendaknya selektif dalam memilih produk apa yang akan dibeli, layanan apa yang akan didapatkan, dan kapan waktu yang tepat untuk membeli maupun menjual kembali agar mengurangi risiko kerugian. Strategi yang menarik minat konsumen Tokopedia dan Shopee sangat berbeda, masing-masing memiliki kelebihan tersendiri, hal tersebut bisa menjadi tolak ukur maupun pembelajaran bagi kedua Marketplace agar bisa mempertahankan program yang sudah bagus juga bisa menambah program lain yang dirasa mampu menarik minat konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Fahadfahad.abdillah313@gmail.comF02419117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.prof.dr.abdhadi99@gmail.com2018115501
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: Strategi Pemasaran; Tabungan Emas.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fahad Abdillah
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:27
Last Modified: 03 Sep 2021 08:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50146

Actions (login required)

View Item View Item