Sejarah konflik kekhalifahan antara Hasan Bin Ali dengan Muawiyah Bin Abi Sufyan dan dampaknya Pada Kaum Muslimin 40 H

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Ummi (2021) Sejarah konflik kekhalifahan antara Hasan Bin Ali dengan Muawiyah Bin Abi Sufyan dan dampaknya Pada Kaum Muslimin 40 H. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Habibah_A02215021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejarah kepemimpinan dalam Islam berjalan begitu dinamis dan selalu berubah dalam setiap perkembangan zamannya, tidak terkecuali dalam masa khulafaurrasidin yang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat diamana Islam sudah menjadi agama yang mulai di gandrungi oleh masyarakat. namun perkembangan ini bukan tanpa ujian. Umat Islam pada saat masa transisi dari khalifah Ustman bin Affan ke khalfah ke-4, percikan api fitnah sudah mulai bermunculan, yang kemudian kondisi semrawut pada pemerintahan Ali bin Abi Thalib berlanjut pada masa dualisme kepemimpinan dimana ada dua khalifah yang sama-sama mempunyai wilayah dan mempunyai pendukung yang sama-sama fanatik yakni pemerintahan khalifah Hasan bin Ali dan pemerintahan Mu’awiyah bin Abi Sufyan, namun konflik ini berhasil direda dengan prestasi Hasan bin Ali dengan persitiwa Amul Jama’ah. konflik bergejolak kembali pada saat Mu’awiyah bin Abi Sufyan menyerahkan tampuk kekuasaannya pada putranya, padahal Mu’awiyah sudah berjanji jika dirinya wafat perkara ke khalifahan akan diserahkan pada umat Islam. Pada saat itu juga masih banyak tokoh yang lebih potensial dari pada Yazid bin Mu’awiyah. Pengangkatan putra mahkota tersebut menimbulkan hura-hura kembali antara umat Islam. Banyak terjadi silang pendapat yang terus mengerucut pada peperangan dan pembunuhan yang menelan banyak korban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Ummihabibahummi96@gmail.comA02215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Ridwan Abu--195907171987031001
Subjects: Dakwah > Konflik
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Konflik; Hasan bin Ali; Mu’awiyah bin Abi sufyan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Habibah Ummi
Date Deposited: 01 Sep 2021 00:36
Last Modified: 01 Sep 2021 00:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50103

Actions (login required)

View Item View Item