Persaudaraan dalam Alquran: studi tafsir tematik atas ayat-ayat ukhuwah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafi, Abd. (2021) Persaudaraan dalam Alquran: studi tafsir tematik atas ayat-ayat ukhuwah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Wafi_E93217095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang diciptakan sebagai pemimpin dunia, manusia juga hidup didunia secara berpasang-pasangan. Manusia menjadi makhluk sosial dalam menjalani kehidupan. Dalam masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras, suku, bahkan agama. Perbedaan yang ada dapat menjadi suatu kesatuan, hal ini dapat dilihat dengan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari negara-negara yang menjajah. Selain adanya persatuan dalam beberapa perbedaan yang ada, terdapat hal yang membuat munculnya perdebatan hingga pertikaian, karena adanya perbedaan, baik dari pemikiran ataupun perbeaan agama. Maka disinilah masyarakat Indonesia harus menguatkan persaudaraan diantara masyarakat lain. Khususnya umat islam yang memiliki macam-macam pemikiran dan langkah menyelesaikan masalah agama. Penelitian ini akan membahas tentang ayat-ayat yang membahas nilai-nilai persaudaraan dengan penafsiran yang dilakukan beberapa mufassir untuk lebih mudah dipahami oleh masyarakat luas, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan bernegara, sehingga menjadi islam yang saling melindungi dan menciptakan kerukunan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tafsir maudhu’i, yang mengumpulkan ayat yang berkaitan dengan persaudaraan, baik ayat-ayat yang didalamnya terdapat term yang memiliki arti saudara, tetapi penelitian ini memfokuskan pada beberapa ayat yang mengandung nilai-nilai persaudaraan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah selalu menciptakan kerukunan, tidak mencela terhadap adanya perbedaan, serta melakukan tolong menolong terhadap golongan yang membutuhkan pertolongan. Perilaku-perilaku tersebut dapat menjadikan umat islam yang sempurna sesuai dengan firman Allah dalam Alquran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafi, Abd.abdwaf0309@gmail.comE93217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Persaudaraan; Ayat ayat ukhuwah; Kerukunan umat beragama.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Wafi Abd
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:50
Last Modified: 31 Aug 2021 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50080

Actions (login required)

View Item View Item