Pendidikan Moral Profetik di Era Globalisasi: studi dalam buku Nabi Muhammad Bukan Orang Arab? Karya Ach. Dhofir Zuhry

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permana, Rama Indra Surya (2021) Pendidikan Moral Profetik di Era Globalisasi: studi dalam buku Nabi Muhammad Bukan Orang Arab? Karya Ach. Dhofir Zuhry. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rama Indra Surya Permana_D91216073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan moral profetik sangat relevan pembahasannya untuk mengatasi problem dekadensi moral yang terjadi hari ini. Pendidikan moral profetik disini tidak sekedar mengajarkan bagaimana konsep tentang baik dan buruk ataupun benar dan salah. Melainkan lebih memiliki fokus pada ranah habituasi menuju pribadi yang lebih baik, dalam interaksinya dengan kehidupan serta mengambil hikmah didalamnya. Ditopang dengan ilmu profan dan ilmu ketuhanan sehingga menhasilkan pribadi yang bijak dalam membina potensi. Pendidikan menjadi suksesi dalam penyempurnaan akhlak seperti halnya ajaran kanjeng Nabi Muhammad SAW sebagai uswah manusia yang memiliki karakter budi unggul (excellent character). Ada banyak cara dan banyak pintu ketika kita ingin memperbaiki moral hidup manusia, salah satunya adalah yang dilakukan oleh Ach. Dhofir Zuhri. Beliau menyampaikan pendidikan moral profetik melalui karyanya. Sehingga fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan moral profetik di era globalisasi, studi dalam buku nabi muhammad bukan orang arab? karya Ach. Dhofir Zuhri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang masuk dalam penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur dan materi informasi kepustakaan. Sedangkan untuk pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik, yaitu pendekatan dengan cara mengungkap nilai pesan tersembunyi dan menafsirkan makna dari apa yang telah penulis sajikan dalam buku. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan variabel-variabel data dari berbagai jenis literatur manuskrip, buku, surat kabar, dan sebagainya. Metode dan teknik analisis data, metode penelitian ini menggunakan analisis ini (content analysis) yaitu menguraikan teks dan menganalisis serta memberikan pemahaman diatas teks yang dideskripsikan dengan maksud menemukan karakteristik amanat atau makna simbolik yang tersamar, sedang teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deduksi dan induksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pendidikan moral profetik dapat diartikan sebagai upaya dalam pembentukan pribadi berkarakter positif yang kuat serta baik dalam akidah sekaligus mental. Memiliki orientasi pada proses tranformasi ilmu pengetahuan serta orientasi pada nilai-nilai religius. (2) Terdapat 4 pokok nilai moral profetik yang terkandung didalamnya yaitu: Bertaqwa kepada Allah Swt, Meniru Ideal type (pribadi) Nabi Muhammad Saw; (shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathanah). (3) Tentang cara beragama dan bernegara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permana, Rama Indra Suryaramaramon83@gmail.comD91216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Subjects: Nabi Muhammad
Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Moral Profetik di Era Globalisasi; Buku Nabi Muhammad Bukan Orang Arab?
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rama Indra Surya Permana
Date Deposited: 30 Aug 2021 08:42
Last Modified: 30 Aug 2021 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50068

Actions (login required)

View Item View Item