تطوير الوسائل التعليمية وموادها للغة العربية باستخدام نيو ميديا لطلاب المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بسيدوأرجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslahah, Nuriya (2021) تطوير الوسائل التعليمية وموادها للغة العربية باستخدام نيو ميديا لطلاب المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بسيدوأرجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuriya Maslahah_F02618253.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dunia pendidikan nasional saat ini sedang dihadapkan dengan kemajuan teknologi revolusi industri 4.0, yang artinya semua kegiatan belajar mengajar harus segera mengikuti dan menerapkan apalagi dalam masa pandemi seperti saat ini. Evaluasi pendidikan seluruh mata pelajaran di hampir seluruh sekolah sudah mulai menerapkan evaluasi berbasis digital, termasuk di MAN Sidoarjo. Namun, masih terbatas pada evaluasi dan belum mengarah pada penerapan pembelajaran sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media pembelajaran dan materi ajar bahasa Arab berbasis New Media untuk siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, dan (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran dan materi ajar bahasa Arab berbasis New Media untuk siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian Research and Developement mengadopsi model Sugiyono. Media pembelajaran dalam penelitian ini berupa website berbasis New Media dan materi ajar sesuai dengan tema di KMA 183 tahun 2019. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) pengembangan media pembelajaran dan materi ajar bahasa Arab yang ditempuh dengan sepuluh langkah. Para ahli (ahli media dan ahli materi) menilai bahwa media dan bahan ajar yang dikembangkan bernilai “mumtaz” sejalan dengan siswa-siswi MAN Sidoarjo yang menyatakan bahwa media dan bahan ajar yang dikembangkan bernilai “mumtaz”, (2) analisi uji T pre tes dan pos tes pada uji coba dengan bantuan aplikasi SPSS menunjukkan hasil bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel artinya ada peningkatan nilai antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Oleh karenanya, media pembelajaran dan bahan ajar yang dikembangkan efektiv untuk meningkatkan hasil belajar siswa-siswi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslahah, Nuriyanmaslahah@gmail.comF02618253
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Bahasa Arab; Media Pembelajaran; New Media.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maslahah Nuriya
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:53
Last Modified: 22 Sep 2021 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50035

Actions (login required)

View Item View Item