Pemeliharaan kesehatan mental dalam Alquran: studi tematik ayat-ayat ketenangan jiwa dengan pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Anwariah (2021) Pemeliharaan kesehatan mental dalam Alquran: studi tematik ayat-ayat ketenangan jiwa dengan pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anwariah Salsabila_E93217099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, isu dan bahasan kesehatan mental bukan lagi hal yang asing. Isu pembahasan kesehatan mental ini merupakan isu yang paling diminati untuk dibicarakan di akhir-akhir ini. Banyaknya kejadian yang terjadi untuk beberapa tahun terakhir yang menyebabkan banyak mental seseorang menjadi terganggu. Tetapi kebanyakan orang hanya membahas bagaimana cara sembuh dari mental itu sendiri tanpa mengindahkan bagaimana cara menjaga agar mental itu tetap sehat serta mengoptimalkannya dengan lebih baik. Berdasar dari kejadian inilah perlu adanya penjelasan dan pemahaman lebih dalam terkait 1) Bagaimana penafsiran ayat-ayat ketenangan jiwa dalam Alquran, 2) Bagaimana kontekstualisasi penafsiran ayat-ayat ketenangan jiwa terhadap pemeliharaan kesehatan mental. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan penafsiran ayat-ayat ketenangan jiwa dalam Alquran dan menganalisis kontekstualisasi penafsiran ayat-ayat ketenangan jiwa terhadap pemeliharaan kesehatan mental. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian bersifat kepustakaan (library research) ini menggunakan metode kualitatif dan metode maudhu’i, yakni menghimpun ayat-ayat ketenangan jiwa, yang kemudian menjelaskan penafsiran dari ayat-ayat tersebut serta dilakukan analisis data dengan menggunakan pendekatan interdispliner, yakni menggunakan pendekatan tafsir dan psikologi. Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan beberapa tema dari ayat-ayat ketenangan jiwa beserta metode pemeliharaannya yaitu Ketenangan jiwa dalam kondisi berperang (Ali Imran 126 dan Al Anfal ayat 10), menghasilkan metode Sahdzan (sabar dan husnudzan); Ketenangan jiwa dalam ketauhidan (Al-Maidah ayat 113 dan surah Al-Baqarah ayat 260), menghasilkan metode Imaniyyah; Ketenangan jiwa dalam ibadah (An Nisa’ ayat 103), menghasilkan metode Ubudiyyah; Ketenangan jiwa dalam dzikir (Al-Ra’d ayat 28), menghasilkan metode Ilahiyyah; Kategori ketenangan jiwa yang semu (Al Hajj ayat 11), menghasilkan metode Islamiyyah; Kriteria golongan yang tenang jiwanya (Al-Fajr ayat 27), menghasilkan metode Ihsaniyyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Anwariahanwariahsalsabila@gmail.comE93217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.alidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Psikoterapi
Al Qur'an
Keywords: Pemeliharaan; Kesehatan Mental; Ayat-Ayat Ketenangan Jiwa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Anwariah Salsabila
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:01
Last Modified: 28 Aug 2021 05:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50015

Actions (login required)

View Item View Item