Upaya kelompok wanita tani (KWT) Bunga Mawar dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Lalangon Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Raudhatul (2021) Upaya kelompok wanita tani (KWT) Bunga Mawar dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Lalangon Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raudhatul Firdaus_G71217049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Organisasi Kelompok Wanita Tani untuk kegiatan ekonomi yang berkaitan pada ekonomis wanita.Dengan kemajuan zaman wanita dapat menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan dalam lingkup kekeluargaan.Economi keluarga sebuah pengkajian mengenai usaha manusia untuk pemenuhan kebutuhan dengan segala aktivitas yang dijalankan dengan penuh tanggungjawab atas kebuuthan serta kebahagiaan bagi kehidupan.Kelompok tani wanita membuka peluang dan kesempatan untuk para perempuan turut serta dalam memakmurkan sector pertanian.Hingga muncul sebuah permasalahan mengenai organisasi KWT bunga mawaar yaitu bagaimana cara organisasi KWT bunga mawar dalam memakmurkanekonomi keluarga di desa lalangon kecamatan manding kabupaten sumenep dan apa saja factor yang mendukung dan menghambat KWT dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Penelitian bertujuan yaitu untuk menjelaskan upaya kelompok wanita tani bunga mawar dalam memakmurkan perekonomian di Desa Lalangon, manfaat dari hasil penelitian diharapkan sebagai informal kepada anggota kelompok wanita tani bunga mawar tentang upaya kelompok wanita tani bunga mawar dalam meningkatkan perekonomin keluarga di Desa Lalangon Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep dengan memakai metode pengumpulan data yaitu wawwancara, documentasi.Untuk teknik analisis data yaitu dengan deskriptif kualitatif yang selanjutnya data diolah dan dianalisa dengan menggunakan metode berpikir induktif. Hasil penelitian upaya kelompok wanita tani bunga mawar dalam meningkatkan perekonomian di Desa Lalangon yaitu melalui praktik yang dilakukan bersama yang akan memberikan dampak positif untuk ruang lingkup perekonomian keluarga dibidang social masyarakatnya. Sedangkan untuk bentuk partisipasinya yaitu nyata dengan menambah pemasukan ekonomi bagai keluarga dan dalam bentuk sosialnya martabat keluarga terangkat ketika wanita tidak hanya menjadi ibu rumah tangga.Bentuk kegiatan usaha yang dilakukan yaitu dengan simpan pinjam, usaha pengembangan sapi dan pemanfaatan lahan pekarangan.Kegiatan yang dilakukan organisasi kelompok wainita tani bunga mawar memberikan dampak positif bagi ekonomi keluarga.Seperti yang dijalankan oleh anggota KWT Bunga Mawar Desa Lalangon Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Raudhatulradhatulfirdaus17@gmail.comG71217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id19810662009012008
Subjects: Bank Koperasi
Keywords: Kelompok Wanita Tani (KWT); Ekonomi Keuarga.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Raudhatul Firdaus
Date Deposited: 28 Aug 2021 13:02
Last Modified: 28 Aug 2021 13:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50014

Actions (login required)

View Item View Item