Pengembangan bahan ajar al-qur'an hadis melalui buku cerita pada materi mengenal huruf hijaiyah MI kelas 1 untuk meningkatkan kemampuan membaca anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maqbul, Moh (2021) Pengembangan bahan ajar al-qur'an hadis melalui buku cerita pada materi mengenal huruf hijaiyah MI kelas 1 untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Maqbul_F52319341.pdf

Download (2MB)

Abstract

Belajar membaca al-qur‘an dimulai dengan belajar mengenal huruf hijaiyah. Dalam bahan ajar Al-Qur‘an hadis kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah terbitan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun 2020 membahas tuntas tentang huruf hijaiyah tersebut, di dalamnya terdapat beberapa indikator pencapaian salah satunya melafalkan huruf hijaiyah dengan tanda baca fathah, kasrah dan dhammah. Melalui bahan ajar tersebut, peserta didik dikenalkan juga bentuk- bentuk huruf hijaiyah lewat sebuah gambar. Gambar tersebut didesain menyerupai benda di sekitar sehingga memudahkan anak-anak untuk selalu mengingatnya. Namun, penyajian gambar hijaiyah tersebut tentunya harus disampaikan dengan metode atau media yang disukai oleh anak-anak. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat buku cerita sebagai media hasil dari pengembangan bahan ajar Al- Qur‘an hadis pada materi mengenal huruf hijaiyah tingkat MI kelas 1. Pengembangan bahan ajar al-qur‘an hadis melalui buku cerita, dikembangkan dengan metode Research and Development (R&D) model pendekatan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu (1) Analysis (analisa), (2) Design (rancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (penerapan), dan (5) Evaluation (evaluasi). Produk yang dihasilkan tersebut sudah melalui validasi, mencakup validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, sehingga dari hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa produk layak digunakan dengan sedikit revisi. Selain itu juga melalui tahap uji coba pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Mukhlisin desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan yang diikuti oleh 25 peserta terdiri dari 15 peserta putrid dan 10 peserta putra. Uji coba tersebut dikemas dengan pre-test dan post-test. Hal ini dilakukan agar bisa melihat perbandingan pemahaman siswa terhadap hijaiyah antara sebelum dan sesudah produk diterapkan. Melalui paired samples test, hasil akhir diketahui bahwa rata-rata nilai siswa pada pre-test adalah 72, sedangkan pada post-test diperoleh nilai rata-rata 98. Serta tingkat signifikannya 0,000 lebih kecil nominalnya dari 0,05 yang artinya terjadi perubahan signifikan terhadap pengetahuan siswa tentang hijaiayah antara sebelum dan setelah produk diterapkan. Oleh karena itu, hasil akhir dari penelitian ini menarik kesimpulan bahwa produk buku cerita tentang mengenal huruf hijaiyah sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maqbul, Mohabunglfrs7@gmail.comF52319341
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid1975@gmail.com2005027501
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Minat Baca
Dongeng
Keywords: Teaching Materials; Hijaiyah Letters; Story Books.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOH MAQBUL
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:22
Last Modified: 28 Aug 2021 05:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49988

Actions (login required)

View Item View Item