Gaya arsitektur Masjid Agung sebagai hasil akulturasi budaya di ndalem Kota Kediri Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Siti Mil'atur (2021) Gaya arsitektur Masjid Agung sebagai hasil akulturasi budaya di ndalem Kota Kediri Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mil'atur Rohmah_A92217134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitia lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun objek dari penelitian ini adalah Masjid Agung Kota Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penilitian ini adalah teori akulturasi yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat, beliau mengemukakan bahwasannya wujud kebudayaan merupakan perpaduan dua atau lebih unsur kebudayaan yang bertemu, kemudian saling menyatu tanpa menghilangkan unsur kebudayaan itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi langsung ke lapangan, wawancara dan sekaligus dokumentasi. Informan utama untuk menemukan data-data adalah dari salah satu pengurus takmir masjid Agung Kota Kediri. Berdasarakan hasil penelitian yang di lakukan di Masjid Agung Kota Kediri dapat disimpulkan bahwa, (1) Masjid Agung Kota Kediri diresmikan pada tahun 1859 sesuai dengan yang tertulis pada prasasti marmer lengkung yang ada di masjid Agung Kota Kediri, yakni bertepatan dengan hari Rabu Wage tanggal 6 safar tahun 1859 atau tanggal 25 juli 1859, atas prakarsa dari Raden Adiphati Aryo Danudinigrat yaitu Bupati ke-8 kota Kediri. Sedangkan keberadaan bangunan masjid Agung Kota Kediri sudah ada sejak tahun 1771 sesuai dengan yang tertulis pada prasasti joglo Masjid induk, (2) Masjid Agung Kota Kediri memiliki desain arsitektur dengan sedemikian rupa indahnya yang memiliki makna tersendiri seperti pada bangunan arsitektur atapnya, (3) Gaya arsitektur masjid Agung Kota Kediri yang mengalami akulturasi budaya dari budaya Timur Tengah, namun tetap melestarikan budaya Nusantara. Seperti pada desain eksterior masjid pada bagian kubah, menara, bedug, serambi dan halaman masjid. Pada desain interior masjid pada bagian mihrab, mimbar, dan tiang peyangga soko guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Siti Mil'aturmilarohmah1016@gmailcomA92217134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Nur MukhlishMukhlish_73@yahoo.co.id2001107302
Subjects: Arsitektur
Budaya Islam
Masjid
Keywords: Masjid Agung Kota Kediri; Arsitektur; Akulturasi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rohmah Siti Mil'atur
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:07
Last Modified: 09 Sep 2021 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49956

Actions (login required)

View Item View Item