Analisis urgensi sertifikasi tempat Rukyatulhilal menurut Lembaga Falakiyah PCNU Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Endang Dwi (2021) Analisis urgensi sertifikasi tempat Rukyatulhilal menurut Lembaga Falakiyah PCNU Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endang Dwi Agustin_C08216006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang mengguakan penelitian lapangan ini bertujuan utuk menjawab pertanyaan bagaimana urgensi sertifikasi tempat rukyatulhilal menurut Lembaga Falakiyah PCNU Gresik serta peluang dan tantangan dari sertifikasi tempat rukyatulhilal. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Di mana skripsi ini mendeskripsikan tentang urgensi sertifikasi tempat rukyatulhilal menurut Lembaga Falakiyah PCNU Gresik dalam bentuk kualitatif. Teknik pengumpulan data di sini melalui proses wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan cara ini, dilakukan untuk mengumpulkan berbagai informasi dan fakta yang di dapat melalui wawancara dengan narasumber maupun beberapa data sebagai bahan tertulis untuk data yang diperlukan dalam menyusun skripsi. Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat dua pandangan mengenai urgensi sertifikasi tempat rukyatulhilal. Pertama, sertifikasi itu penting bahkan perlu dilakukan agar tidak asal dalam memilih dan menentukan tempat rukyatulhilal. Begitupun diharapkan bagi perukyat untuk dilakukan sertifikasi. Kedua, menganggap tidak perlu karena sertifikasi tempat dibutuhkan jika memang telah ditemukan lokasi rukyat yang secara geografis sudah tidak layak. Dan tidak boleh berpangku pada keberhasilan dalam terlihatnya hilal, karena ini bukan faktor tempat saja melainkan juga dari faktor atmosfer. Akan tetapi jika sertifikasi ini mengacu pada kualitas langit maka hal ini dirasa perlu, bahkan untuk semua tempat rukyat harus ada pengecekan tentang kualitas langit. Peluang dalam sertifikasi ini di mana kegiatan yang dilakukan tidak dianggap liar, hasil yang akan diterima akan jelas dan tidak perlu pendataan ulang, memudahkan dalam mendapat hilal, dan mendapatkan sambutan dari beberapa pihak. Sedangkan utuk tantanganya sendiri, adanya ketidak setujuan, dibutuhkan tenaga ahli dan alat yang memadahi, dan harus ada kegiatan tindak lanjut dari tempat tersebut untuk mengembangkannya. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka disarankan: pertama, dalam melakukan sertifikasi tempat seharusnya yang lebih di dahulukan yaitu sertifikasi pada perukyatnya. Kedua, selain mementingkan geografis dlam sertifikasi sebenarnya yang lebih penting yaitu mengenai faktor atmosfer (kondisi langit)-nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Endang Dwidianaagustin280@gmail.comC08216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Astronomi
Hisab dan Rukyah
Keywords: Rukyatulhilal; sertifikasi tempat rukyatulhilal.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Endang Dwi Agustin
Date Deposited: 25 Aug 2021 23:26
Last Modified: 25 Aug 2021 23:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49887

Actions (login required)

View Item View Item