Analisis Hukum Islam dan fatwa DSN-MUI No. 113/DSN-MUI/IX/2017 terhadap pembayaran dana kebersihan Pasar Puter Kembangbahu Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Tri Meris (2021) Analisis Hukum Islam dan fatwa DSN-MUI No. 113/DSN-MUI/IX/2017 terhadap pembayaran dana kebersihan Pasar Puter Kembangbahu Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Meris Anggraini_C92217179.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan di pasar Puter Kembangbahu Lamongan dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif yaitu menguraikan prosedur dan praktik penarikan dana kebersihan pasar Puter Kembangbahu Lamongan untuk dianalisis dengan Hukum Islam dan Fatwa Dewan Syariah Nasional No.113/DSN-MUI/IX/2017. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, prosedur penarikan dana kebersihan pasar Puter Kembangbahu Lamongan dilakukan oleh petugas kebersihan yang telah ditunjuk oleh Kepala Desa Puter untuk menarik dana kebersihan dari lapak ke lapak pedagang. Pedagang membayar dana kebersihan sebesar Rp 2.000,- kemudian petugas memberikan bukti pembayaran berupa kwitansi. Kedua, menurut Hukum Islam praktek dan prosedur penarikan dana kebersihan Pasar Puter Kembangbahu Lamongan sudah sesuai dengan syarat dan rukun akad Wakalah bil Ujrah, akan tetapi akad tersebut tidak berjalan sempurna karena ada ketidakrelaan beberapa pedagang dalam pembayaran dana kebersihan. Ketiga, menurut fatwa DSN-MUI No.113/DSN-MUI/IX/2017 praktek penarikan dana kebersihan pasar Puter Kembangbahu Lamongan tidak sesuai dengan salah satu syarat Wakil serta tidak terpenuhinya hak pedagang. Dengan adanya hasil penelitian diatas, penulis memberikan saran kepada petugas pengelola pasar serta kepada pedagang pasar Puter Kembangbahu Lamongan. Pertama, kepada petugas pengelola pasar diharapkan untuk lebih profesional dalam menjalankan tugas dan lebih tegas dalam melakukan pengawasan serta keamanan pasar Puter Kembangbahu Lamongan. Kedua, untuk pedagang diharapkan untuk lebih memahami perjanjian yang telah dilakukan serta kesadaran untuk ikut serta dalam menjaga keamanan dan kebersihan pasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Tri Meristrimerisanggraini3105@gmail.comC92217179
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Moch. Zainulzainularifin231@gmail.com2017047102
Subjects: Fatwa
Hukum Islam
Keywords: Dana kebersihan; Retrebusi pasar; Pengelolaan pasar; Pedagang pasar.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tri Meris Anggraini
Date Deposited: 23 Aug 2021 23:02
Last Modified: 23 Aug 2021 23:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49796

Actions (login required)

View Item View Item