Implementasi Etos Sekolah di SMA Negeri 1 Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nur (2021) Implementasi Etos Sekolah di SMA Negeri 1 Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Faizah_D93217067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Implementasi Etos Sekolah di SMA Negeri 1 Babat Lamongan dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan yang masih kurangnya strategi dalam membentuk sekolah yang berkualitas sehingga berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan melalui implementasi etos sekolah. Kemudian dalam penelitian ini, Peneliti memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi etos sekolah, untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak implementasi etos sekolah, dan untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi etos sekolah di SMA Negeri 1 Babat Lamongan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengambilan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) SMA Negeri 1 Babat Lamongan memiliki etos sekolah yaitu memperhatikan moral siswa, memperhatikan moral guru, memikirkan kepuasan kerja, lingkungan fisik yang diperhatikan, memikirkan konteks pembelajaran, memiliki hubungan antara guru dengan siswa, memperhatikan kesetaraan dan keadilan, memilik kegiatan ekstrakurikuler, memiliki kepemimpinan dan memiliki disiplin sekolah, 2) penerapan etos sekolah berdampak pada warga sekolah yang memiliki karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, tekun dan menggunakan waktu secara baik dalam melalukan pekerjaan, 3) implementasi suatu kegiatan tidak lepas dengan faktor penghambat dan faktor pendukung. Adapun faktor penghambat di antaranya adalah sekolah belum memiliki aturan tetap untuk guru dan masih adanya sekelompok warga sekolah yang belum mentaati kebijakan sekolah. Sedangkan dalam faktor pendukung pendukungnya adalah warga sekolah memiliki respon yang baik terhadap kebijakan sekolah dan sekolah memiliki aturan yang jelas terhadap siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Nurnurfaizah2209@gmail.comD93217067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Disiplin Sekolah
Etos Kerja
Manajemen Pendidikan
Keywords: Implementasi Etos Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Faizah
Date Deposited: 22 Aug 2021 10:41
Last Modified: 22 Aug 2021 10:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49778

Actions (login required)

View Item View Item