Studi bentuk makam dan ragam hias Nisan pada situs Makam Tirtonatan di Ngadipurwo, Blora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Siti Khoirotun (2021) Studi bentuk makam dan ragam hias Nisan pada situs Makam Tirtonatan di Ngadipurwo, Blora. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khoirotun Nisa'_A92217133.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan tersebut dijawab oleh peneliti menggunakan Pendekatan Arkeologi untuk mengamati artefak-artefak yang ada pada situs makam Tirtonatan dan pendekatan Adaptasi Kultural yang melihat perubahan kebudayaan dari proses adaptasi. Pendekatan ini bermaksud mengadaptasikan satu kebudayaan dengan kebudayaan lain, kebudayaan baru disini adalah Islam dan kebudayaan lama yaitu lokal. Adapun metode pengumpulan data menggunakan ilmu arkeologi dengan teknik survey yaitu pengamatan mengenai tinggalan arkeologi (artefak situs makam tirtonatan) yang disertai dengan analisis mendalam. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Blora dimulai dari kerajaan Demak, Pajang dan Mataram Islam yang kemudian pada masa Kasunanan Surakarta masuk wilayah Mancanagari Wetan. Situs makam Tirtonatan dibangun di rumah R.T. Djajeng Tirtonoto pada tahun 1785 yang kemudian dijadikan sebagai makam setelah dia meninggal, pada makamnya terdapat mahkota berundak yang menandakan unsur hindu selain itu ada banyak makam tipe Demak-Tralaya ditemukan pada situs ini. Unsur-unsur kebudayaan Islam (arah Kiblat, Allahummagfirlahu dan aksara Pegon) dan lokal (Mahkota Berundak, Lingga Yoni dan aksara Jawa) pada situs ini menandakan bahwa agama pendatang (Islam) sudah berhasil beradaptasi dengan kebudayaan lokal dengan cara Penetration Pacifique (damai).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Siti Khoirotunnisakhoirotun715@gmail.comA92217133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Arkeologi
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Makam; Nisan; Tirtonatan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Siti khoirotun Nisa
Date Deposited: 22 Aug 2021 11:53
Last Modified: 22 Aug 2021 11:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49752

Actions (login required)

View Item View Item