Peran Kh. Achmad Aruqot dalam Islamisasi Desa Kedungcangkring pada Tahun 1965-1969 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahayani, Indah Luvy (2021) Peran Kh. Achmad Aruqot dalam Islamisasi Desa Kedungcangkring pada Tahun 1965-1969 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Luvy Cahayani_A02217016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada permasalahan diatas penulis menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan biografi dan pendekatan historis. Pendekatan biografis adalah pendekatan yang merujuk pada kehidupan, kepribadian, dan pengalaman seseorang, atau suatu subyek dengan berbagai latar belakang. Sedangkan pendekatan historis bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan asal usul perkembangan serta pertumbuhan suatu agama. Adapaun teori yang digunakan sesuai yang dikemukakan oleh Max Weber yaitu kekuasaan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan melalui tahapan Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Pertama, KH. Achmad Aruqot lahir di Sidoarjo pada tahun 1885 M dan wafat pada malam Jum’at tanggal 21 Rajab 1389 H / 3 Oktober 1969 M. Ia adalah sebagai pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin Muta’allimat sekaligus sebagai hakim di Kabupaten Sidoarjo. Kedua, proses masuk dan berkembangnya Islam di Kedungcangkring melalui datangnya para pedagang dari China, Gujarat, Tionghoa. Sebab desa ini merupakan daerah pesisir yang terdapat banyak kapal pedagang yang singgah. Ketiga, peran KH. Achmad Aruqot dalam sosial keagamaan berhasil menciptakan sebuah tembang klasik jawa di Kedungcangkring Asrokol Jowo yang dilaksanakan setiap bulan maulid. Hingga saat ini masyarakat Kedungcangkring tetap bisa melanjutkan hingga mempelajari berbagai bentuk tradisi dan ritual atau perayaan hari besar Islam khususnya dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahayani, Indah Luvyindahluvy99@gmail.comA02217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pemikiran
Keywords: Peran; KH. Achmad Aruqot; Desa Kedungcangkring.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Cahayani Indah Luvy
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:05
Last Modified: 20 Aug 2021 07:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49741

Actions (login required)

View Item View Item