Tinjauan Historis peristiwa perang Bubat Tahun 1357 M dalam Manuskrip Serat Pararaton

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmaningsih, Ayu (2021) Tinjauan Historis peristiwa perang Bubat Tahun 1357 M dalam Manuskrip Serat Pararaton. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Firmaningsih_A92217060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan historis dan bantuan dari ilmu filologi, dimana peneliti berusaha mendeskripsikan tentang peristiwa perang bubat dari mulai konflik dan akhir dari perang tersebut dalam manuskrip terjemahan Serat Pararaton. Selain itu teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori intertekstual oleh Julia Kristeva. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini mengguakan metode penelitian sejarah yang didalamnya ada beberapa tahapan untuk menyajikan hasil dari penelitian yakni : Hereustik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa yang Pertama, Sejarah Perang Bubat adalah perang yang terjadi pada tahun 1357 M. Perang tersebut terjadi antara dua kerajaan besar di Nusantara yakni dari kerajaan Majapahit dan Kerajaan Sunda. Kedua, Latar belakang terjadinya perang Bubat adalah permasalahan politik dari kedua kerajaan tersebut. Berawal dari rencana pernikahan prabu Hayam Wuruk dengan Putri Sunda namun gagal karena perselisihan antara Gajah Mada dan Maharaja Prabu Linggabuana. Yang ketiga dari peristiwa Perang Bubat mengakibatkan adanya dampak dari perang tersebut. Dampak tersebut dapat dilihat dari segi politik, sosial, ekonomi dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan sejarah Perang Bubat dalam tinjauan sejarah dalam manuskrip terjemahan Serat Pararaton.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmaningsih, Ayuayufirmaningsih@gmail.comA92217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Hukum Islam > Perang
Sejarah > Sejarah Indonesia
Manuskrip
Keywords: Perang Bubat; Sejarah kerajaan; Serat Pararaton; kerajaan Majapahit; Kerajaan Sunda.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ayu Firmaningsih
Date Deposited: 21 Aug 2021 00:38
Last Modified: 21 Aug 2021 00:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49739

Actions (login required)

View Item View Item