Tinjauan Hukum Islam terhadap dampak reuni sekolah bagi keharmonisan keluarga dalam Perspektif Maslahah Mursalah: studi kasus Di Desa Putat Lor Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Siti Ratna (2021) Tinjauan Hukum Islam terhadap dampak reuni sekolah bagi keharmonisan keluarga dalam Perspektif Maslahah Mursalah: studi kasus Di Desa Putat Lor Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ratna Sari_C01217029 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), data penelitian ini diambil melalui wawancara dan dokumentasi berkaitan dengan dampak reuni bagi keharmonisan keluarga di Desa Putat Lor Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan menggunakan metode deduktif, yaitu penulis megambil berbagai teori-teori umum setelah itu dikaitkan dengan fakta atau fenomena-fenomena melalui pengamatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dari pasangan yang ikut ajang reuni sekolah, selain untuk menyambung tali silaturrahim, juga berdampak terhadap keharmonisan keluarganya adanya perselingkuhan, tidak terpenuhinya kewajiban suami istri, dan hak anak. kedua, dari dampak reuni tersebut jika reuni yang diadakan sebagai ajang untuk silaturrahim seperti yang dianjurkan oleh syariat Islam maka sudah jelas mendapatkan pahala dan jika adanya reuni tersebut disalahgunakan serta menimbulkan kemudharatan bagi dirinya dan keluarganya, maka ditimbang dari Maslahah Mursalah, Kemaslahatan itu sejalan dengan maqasyid as-syari‟ah dan tidak bertentangan dengan nash atau dalil-dalil qath‟i. Dengan kata lain kemaslahatan tersebut sejalan dengan kemaslahatan yang telah ditetapkan oleh syari‟. dianjurkan untuk tidak mengikutinya, dengan mempertimbangkan hak dan kewajiban suami isteri yang termuat dalam Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Berangkat dari kesimpulan diatas, saran penulis yaitu: hendaknya untuk para pembaca agar memberi masukan dan saran terhadap penelitian ini. Selanjutnya bagi pasangan suami isteri yang mengikuti reuni hendaknya sewajarnya saja dan tidak berlebihan, agar tidak terjadi hal-hal buruk yang diinginkan. Agar kehidupan berkeluarga menjadi aman, damai dan tentram tentunya keluarga akan harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Siti Ratnars1951612gmail.comC01217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafa’ah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Hukum Islam
Keluarga
Keywords: Keluarga; Suami istri; Reuni Sekolah; keharmonisan keluarga; Dampak Reuni Sekolah Bagi Keharmonisan Keluarg.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Siti Ratna Sari
Date Deposited: 19 Aug 2021 22:54
Last Modified: 19 Aug 2021 22:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49679

Actions (login required)

View Item View Item