Profil kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari berpikir visual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Venda Pratama (2021) Profil kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari berpikir visual. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Venda Pratama Putra_D74215115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berlatar belakang dari pencapaian Indonesia pada Program for International Student Assessment (PISA) 2018 dalam bidang matematika, Indonesia menempati posisi ke 72 dari 78 negara peserta PISA. Pencapaian Indonesia ini menunjukkan literasi matematika di Indonesia tertinggal jika dilihat dari standar keberhasilan studi PISA. Kemampuan berpikir seseorang berbeda-beda salah satunya adalah berpikir visual. Berpikir visual adalah kemampuan untuk mengubah informasi dari semua jenis ke dalam gambar, grafik, atau bentuk-bentuk lain yang dapat membantu mengkomunikasikan informasi. Dalam matematika ada grafik, gambar diagram yang digunakan untuk membantu mengkomunikasikan informasi. Hal tersebut menunjukkan hubungan antara berpikir visual dan literasi matematika dimana berpikir visual membantu menunjukkan ketercapaian dari kompetensi literasi matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan tujuannya adalah untuk mendeskripsikan tingkat ketercapaian kemampuan literasi matematika siswa yang kemampuan berpikir visualnya tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian dilakukan di MTs AL-Azhar Menganti. Subjek penelitian ada 6 siswa dengan 2 siswa berkemampuan visual tinggi, 2 siswa berkemampuan visual sedang, dan 2 siswa berkemampuan visual rendah. Teknik pengumpulan datanya adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ada tiga yaitu tes kemampuan berpikir visual, tes soal matematika PISA dan pedoman wawancara. Hasil tes soal PISA dan wawancara selanjutnya akan dipaparkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Subjek yang kemampuan bepikir visualnya tinggi mampu memenuhi semua indikator pada penelitian, (2) Subjek yang kemampuan berpikir visualnya sedang mampu memenuhi semua indikator pada penelitian tetapi masih perlu teliti dan bimbingan pada kompetensi matematisasi, menggunakan bahasa dan operasi simbolik yang formal dan teknis, komunikasi, penalaran dan argumen, merancang strategi untuk memecahkan masalah, representasi dan (3) Subjek yang kemampuan berpikir visualnya rendah masih banyak indikator pada kompetensi literasi matematika komunikasi, penalaran dan argumen, merancang strategi untuk memecahkan masalah, representasi yang belum mampu dilaksanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Venda Pratamavendaputra20@gmail.comD74215115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Berpikir Visual; Kemampuan Literasi Matematika; PISA.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Venda Pratama Putra
Date Deposited: 19 Aug 2021 00:12
Last Modified: 19 Aug 2021 00:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49640

Actions (login required)

View Item View Item