العناصر الداخلية في قصة قصيرة الملك عادل لمحمد عطية الأبراشي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salimah, Aminatus (2021) العناصر الداخلية في قصة قصيرة الملك عادل لمحمد عطية الأبراشي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatus Salimah_A91217096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cerpen Al-Malik Adil karya Muhammad Athiyyah Al-Abrosyi sangat menarik untuk diteliti. Cerpen ini tergolong dalam cerita Al-Athfal yang berisi nasehat-nasehat kebaikan, gayanya penyampaikan isi cerita sangat unik. Meskipun cerpen ini berisi nasehat kebaikan untuk anak, tokoh utama dalam cerpen ini memiliki tabiat buruk yang tidak boleh ditiru oleh anak-anak. Pengarang mencoba menyampaikan isi cerita tidak hanya melalui penggambaran tokoh utama saja, melainkan melalui unsur-unsur intrinsik lainnya. Dengan mengetahui unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Al-Malik Adil karya Muhammad Athiyyah Al-Abrosyi pembaca bisa memahami isi cerita dan menemukan pesan tersirat di dalamnya. Masalahnnya adalah bagaimana unsur-unsur intrinsik yang terkandung dalam cerpen Al-Malik Adil? Untuk menyelesaikan masalah di atas, peneliti menggunakan teori unsur intrinsik, yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur/plot, setting/latar, gaya bahasa, sudut pandang dan amanat. Unsur-unsur inilah yang terkandung dalam suatu karya sastra yang berfungsi untuk membangun karya sastra itu sendiri agar lebih indah dan menarik untuk dibaca. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peneleiti mengumpulkan data-data yang berupa kata, kalimat dalam bentuk tulisan yang kemudian dipaparkan dan dikelompokkan sesuai dengan permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini. Dan hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian unsur intrinsik dalam cerpen Al-Malik Adil adalah 1) Tema: Penyesalan orang yang sombong, 2) Tokoh: al-Amiroh al-mutakabbiroh, al-Malik Adil, dan Al-Malik abu al-Amiroh, 3) Alur: maju, 4) Latar tempat: di istana Raja, jalanan hutan yang luas, di sebuah kota besar, di gubuk kecil, dan pasar tengah kota. Latar waktu: di suatu hari ketika berdagang, 3 hari seelah jamuan makan, di pagi hari saat akan bekerja, di sore hari saat pulang bekerja, 2 minggu setelah bekerja, di malam hari pesta perayaan. 5) Gaya bahasa: 5 Tasybih, 14 kalam khabari thalabi, 15 kalam Insyai thalabi, 2 jinas ghoiru tam, 5 sajak dan 3 iqtibas, 6) sudut pandang: orang ketiga, dhomir ghoib.7)Amanat: kemiskinan bukanlah aib, akan tetapi perilaku yang buruk dan menghina sesama manusia adalah aib yang sesungguhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salimah, Aminatusaminatussalimah12@gmail.comA91217096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur Intinsik; Cerpen Al-Malik Adil; Muhammad ‘Athiyyah Al-Abrosyi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aminatus Salimah
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:32
Last Modified: 18 Aug 2021 01:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49609

Actions (login required)

View Item View Item