SISTEM PENGGALIAN DAN PENGALOKASIAN DANA MASJID MUAYAD WONOCOLO SURABAYA

Sastrawati, Sastrawati (2014) SISTEM PENGGALIAN DAN PENGALOKASIAN DANA MASJID MUAYAD WONOCOLO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana Sistem Penggalian dana Masjid Mu’ayad Wonocolo Surabaya (2) bagaimana sistem pengalokasian dana pembangunan dan dana operasional Masjid Mu’ayad Wonocolo Surabaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem penggalian dan pengalokasian dana Masjid Mu’ayad. Urgensi dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan fungsi manajemen dalam hal keuangan dan mengembangkan manajemen masjid.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan analisis data sudah mulai dilakukan oleh peneliti ketika mengumpulkan data di lapangan. Dengan cara mereduksi data yang berarti merangkum, memilih hal-hal pokok yang sesuai dengan tema. Kemudian dilakukan reduksi (pengurangan) data-data yang tidak diperlukan. Selanjutnya peneliti mengkorelasikan antara temuan di lapangan dengan teori, hal ini dilakukan untuk menguatkan teori yang ada berdasarkan data yang ditemukan di lapangan atau menjatuhkan teori yang ada dan melahirkan asumsi-asumsi baru untuk melahirkan suatu teori baru. Kemudian untuk keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi.
Dari penelitian tersebut sumber dana yang masjid yaitu dari dalam dan dari luar,sumber dana dari dalam yakni dari hasil usaha masjid seperti penyewaan peralatan masjid. Sedangkan sumber dana dari luar, yaitu meliputi iuran masyarakat, amal jariyah, shodaqoh, infaq jum’at dan dana yang diperoleh dari donatur rutin dari luar desa. Model penggalian dana telah dilaksanakan pengurus yang bertanggungjawab atas penggalian dana. Sedangkan pengalokasian dana ada dua yaitu alokasi dana pembangunan dan alokasi dana sarana/ operasional masjid. Alokasi dana pembangunan meliputi: pembelian bahan material, peralatan pembangunan, biaya tukang, biaya trasnport, listrik dan pembelian peralatan yang dibutuhkan masjid. Alokasi dana operasional meliputi: biaya kebersihan, khotib, imam sholat tarawih, shilad Id, pengajian rutin , dan gaji guru TPA. Laporan keuangan akan dibukukan dalam hasil laporan keuangan dalam setiap bulannya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Taqwin Sudji
Uncontrolled Keywords: Penggalian Dana; Pengalokasian Dana; Masjid
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 08:44
Last Modified: 09 Feb 2015 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item