Analisis Maqasid al-Shari‘ah terhadap pandangan perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur tentang Imbauan penundaan kehamilan di Masa Pandemi Virus Korona oleh Kepala BKKBN Pusat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Achmad Yasin (2021) Analisis Maqasid al-Shari‘ah terhadap pandangan perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur tentang Imbauan penundaan kehamilan di Masa Pandemi Virus Korona oleh Kepala BKKBN Pusat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Yasin Nur_C91217088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan field research atau hasil penelitian lapangan di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya dengan mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara. Sehingga pendekatan penelitian yang diambil adalah kualitatif yang kemudian menghasilkan deskriptif analisis, dan penulis menggunakan pola pikir deduktif yang selanjutnya akan disusun secara sistemastis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai pandangan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur tentang penundaan kehamilan di masa pandemi virus korona yang disampaikan oleh Kepala BKKBN Pusat dan dianalisis menggunakan teori hukum islam, yaitu maqasid al-shari‘ah. Hasil penelitian menyimpulkan pandangan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terhadap imbauan penundaan kehamilan yang disampaikan oleh Kepala BKKBN Pusat merupakan sebuah imbauan yang mempunyai tujuan antara lain untuk menjaga jiwa ibu dan bayi yang dikandung, juga melindungi keturunan yang akan dilahirkan nanti. Hal tersebut dalam tingkatan maqasid al-shari‘ah bisa masuk d{aruriyat dan h}ajiyat. Sedangkan dalam pemeliharannya, masuk ke dalam hifzun al-nafs (memelihara jiwa) dan hifzun al-nasl (memelihara keturunan) Berdasarkan hasil di atas ada saran dari penulis yang ingin disampaikan kepada BKKBN agar dalam menyebarkan imbauan penundaan kehamilannya harus lebih merata, supaya desa-desa yang sulit terjangkau bisa mengetahui imbauan tersebut dan juga alasan-alasan mengapa ada imbuan penundaan kehamilan di masa pandemi virus korona.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Achmad Yasinacityasin05yr@gmail.comC91217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'un--2008085901
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penundaan Kehamilah, Pandemi; Covid 19; BKKBN.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Achmad Yasin Nur
Date Deposited: 15 Aug 2021 09:53
Last Modified: 15 Aug 2021 09:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49583

Actions (login required)

View Item View Item