Analisis penegakan hukum terhadap Pasal 365 Ayat (3) KUHP perspektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam: studi kasus di Polresta Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amir, Rizky Febrianti (2021) Analisis penegakan hukum terhadap Pasal 365 Ayat (3) KUHP perspektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam: studi kasus di Polresta Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Febrianti Amir_C93217061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara terhadap kepolisian bidang Reskrim unit Pidana Umum Polresta Sidoarjo dan dengan sumber lainnya. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif analitis dengan pola deduktif, sehingga memberikan pemahaman yang konkrit dan dapat ditarik kesimpulan. Penelitian menyimpulkan bahwa proses penegakan hukum terhadap kasus Pasal 365 ayat (3) KUHP oleh kepolisian Polresta Sidoarjo, yang mana korban dalam kasus tersebut bernama Didik Murtadho dan Istining, telah sesuai dalam aturan-aturan kepolisian sebagai penyelidik dan penyidik. Aturan-aturan tersebut yaitu Pasal 5 sampai Pasal 7 KUHAP dan Pasal 15 sampai Pasal 16 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002. Di samping itu terdapat perbedaan pendapat antara penulis dengan pihak kepolisian, yang mana dalam Berkas Acara Pemeriksaan tersangka diterapkan Pasal 365 ayat (4) karena tersangka pencurian dengan kekerasan tersebut terdiri dari dua orang, namun berkas antara tersangka yang satu dengan yang lain dipisah (displit). Sehingga dalam hal ini penulis berpendapat bahwa seharusnya tersangka dikenakan Pasal 365 ayat (3) karena tersangka yang terdiri dari satu orang. Dalam hal ini penulis juga memberikan saran kepada beberapa pihak yang terlibat dalam kasus tersebut. Pertama kepada pihak kepolisian selaku pihak yang menangani penyelesaian kasus tersebut, agar dapat selalu menaati peraturan yang ada, baik sebagai penyidik maupun penyelidik. Kedua pada umumnya untuk keluarga tersangka, korban, maupun masyarakat luas agar selalu menjaga anggota keluarganya dari perbuatan-perbuatan yang menjerumuskan diri ke dalam kejahatan, yaitu dengan cara saling menjaga dan saling menolong satu sama lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amir, Rizky Febriantifebriantirizky27@gmail.comC93217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Imronimrosyad@yahoo.com2010036901
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Hukum Islam > Pencurian
Kekerasan
Keywords: kasus Pasal 365 ayat (3) KUHP; Pencurian.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Rizky Febrianty Amir
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:26
Last Modified: 18 Aug 2021 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49579

Actions (login required)

View Item View Item