Kontrol sosial orang tua dalam penggunaan media sosial Tiktok pada anak di Keluarahan Sememi Kecamatan Benowo Kota Surabaya dalam tinjauan teori kontrol sosial Travis Hirschi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekawati, Julia (2021) Kontrol sosial orang tua dalam penggunaan media sosial Tiktok pada anak di Keluarahan Sememi Kecamatan Benowo Kota Surabaya dalam tinjauan teori kontrol sosial Travis Hirschi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Julia Ekawati_I73217061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang dikaji, yaitu: (1). Bagaimana penggunaan media sosial tiktok pada anak di kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya ? (2).Bagaimana dampak penggunaan media sosial tiktok pada anak di kelurahan sememi, kecamatan benowo, kota surabaya? (3).Bagaimana peran kontrol sosial orang tua dalam mengawasi penggunaan media sosial tiktok pada anak di kelurahan sememi, kecamatan benowo, kota surabaya?. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media sosial tiktok pada anak di Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya, Dampak penggunaan media sosial tiktok pada anak di kelurahan sememi, kecamatan benowo, kota Surabaya serta untuk mengetahui peran kontrol sosial sosia orang tua dalam mengawasi penggunaan media sosial tiktok pada anak, kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara tepat sifat-sifat seorang individu atau keadaan suatu kelompok tertentu di dalam masyarakat. teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontrol sosial yang dicetuskan oleh Travis Hirschi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan ditemukan bahwa (1) Penggunaan media sosial tiktok anak sekolah usia sekolah menengah pertama di kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya yaitu untuk menikmati beberapa konten video dari pengguna lain serta membuat dan mengunggah konten video yang mayoritas kontennya tidak jauh berbeda dengan konten yang dinikmati dari pengguna lain. (2) Tiktok menimbulkan dampak positif dan negatif bagi anak sekolah menengah pertama kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Dampak positifnya dapat dirasakan sendiri oleh anak pengguna media sosial tiktok, sedangkan dampak negatifnya bisa dilihat oleh orang sekitarnya terutama para orang tuanya. (3) kontrol sosial yang dilakukan para orang tua pada saat anak menggunakan media sosial tiktok tergolong kontrol sosial preventif dan represif. Kontrol sosial preventif merupakan tindakan kontrol sosial yang dilakukan sebelum terjadinya pelanggaran norma sosial yang berlaku dalam kehidupan masyarakat yang bertujuan menjaga situasi tetap kondusif. Sedangkan kontrol sosial represif merupakan pengendalian sosial ysng dilakukan untuk mengembalikan kekacauan sosial seperti semula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekawati, Juliajuliaekawati2@gmail.comI73217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Sosiologi
Keywords: Kontrol sosial Orang Tua; Media Sosial; Tiktok.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Julia ekawati
Date Deposited: 15 Aug 2021 05:59
Last Modified: 15 Aug 2021 05:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49559

Actions (login required)

View Item View Item