Analisis distribusi dan margin pemasaran hasil tangkapan ikan segar di TPI Sendangngbiru Kabupaten Malang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fiddyawati, Elly (2021) Analisis distribusi dan margin pemasaran hasil tangkapan ikan segar di TPI Sendangngbiru Kabupaten Malang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elly Fiddyawati_H74217047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemasaran memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pendapatan nelayan mengingat hasil perikanan yang mudah rusak. Berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang bahwa kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang merupakan kecamatan penghasil perikanan tangkap yang terbesar di Kabupaten Malang. Pemasaran akan semakin efisien apabila semua kegiatan pemasaran dilakukan dengan mengeluarkan biaya yang minimum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efisien saluran pemasaran yang ada di TPI Sendangbiru. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif menggunakan metode survei di lapangan. Pengambilan data diperoleh melalui pengambilan sampel (data primer) dan pengumpulan data statistik yang dimiliki oleh pihak TPI Sendangbiru. Pola saluran pemasaran yang ada di TPI Sendangbiru terdapat 5 pola saluran pemasaran. Pada setiap jenis ikan memiliki alur pemasaran yang berbeda-beda. Nilai efisiensi pemasaran pada setiap jenis ikan disetiap saluran pemasaran memiliki nilai yang beragam. Nilai efisiensi pada pemasaran ikan tuna dan albakor memiliki saluran pemasaran dan nilai yang sama yaitu 2%, pada ikan marlin 3%. Pada ikan baby tuna memiliki 5 pola saluran pemasaran sebesar 4%, 5%,3%,4%, dan 5%. Pada ikan tongkol, lemuru, dan layang juga memiliki 5 pola saluran pemasaran. Nilai efisiensi pemasaran ikan tongkol sebesar 6%, 6%, 4%, 5%, dan 6%, nilai efisiensi pemasaran ikan lemuru sebesar 7%, 8%, 5%, 6%, dan 8%. Nilai efisiensi pemasaran ikan layang sebesar 6%, 7%, 4%, 6%, dan 7%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fiddyawati, Ellyellyfiddyawati@gmail.comH74217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Subjects: Ekonomi
Pemasaran
Keywords: Distribusi: Efisiensi; Pemasaran; TPI; Sendangbiru.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Elly Fiddyawati
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:11
Last Modified: 15 Aug 2021 04:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49524

Actions (login required)

View Item View Item