Pengaruh religiusitas, kelompok acuan, dan pengetahuan terhadap keputusan investasi mahasiswa FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya di pasar modal syariah dengan minat sebagai variabel intervening

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surur, Miftachus (2021) Pengaruh religiusitas, kelompok acuan, dan pengetahuan terhadap keputusan investasi mahasiswa FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya di pasar modal syariah dengan minat sebagai variabel intervening. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftachus Surur_F02419128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri keuangan syariah terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, salah satunya adalah pasar modal syariah, investasi di pasar modal syariah kian digemari oleh masyarakat, tak luput pula para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kelompok acuan, dan pengetahuan terhadap keputusan investasi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya di pasar modal syariah dengan minat sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online dengan bantuan aplikasi google form yang kemudian disebarkan ke mahasiswa aktif FEBI UINSA. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan aplikasi olah data smartPLS 3.2.9.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan investasi mahasiswa FEBI UINSA di pasar modal syariah; (2) variabel kelompok acuan, variabel pengetahuan, dan variabel minat berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan investasi mahasiswa FEBI UINSA di pasar modal syariah; (3) variabel religiusitas dan variabel pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan investasi mahasiswa FEBI UINSA di pasar modal syariah dengan minat sebagai variabel intervening; (4) variabel kelompok acuan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa FEBI UINSA di pasar modal syariah dengan minat sebagai variabel intervening.Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperluas objek penelitian dan menyampaikan kuesioner secara langsung sehingga dapat mendampingi responden dalam pengisian kuesioner guna menghindari kesalahpahaman responden dalam memahami pernyataan kuesioner serta pengisiannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surur, Miftachuselshonick@gmail.comF02419128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah.azis@gmail.com2003077501
Thesis advisorHakim, Abdulhakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Bursa Saham
Investasi
Pengambilan Keputusan
Keywords: Investasi; Religiusitas; Kelompok Acuan; Keputusan; Pasar modal syariah.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miftachus Surur
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:39
Last Modified: 15 Aug 2021 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49503

Actions (login required)

View Item View Item