Kalam Pandemi: wacana perubahan pemikiran keagamaan masyarakat di tengah Pandemi COVID-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasir, Afif Ainun (2021) Kalam Pandemi: wacana perubahan pemikiran keagamaan masyarakat di tengah Pandemi COVID-19. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afif AinunNasir_F02118032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kalam adalah ilmu yang membahas ketuhanan atau tauhid, atau menurut pengertian global, pada dialog logisnya adalah kata-kata atau ucapan, yaitu ilmu yang membahas masalah ketuhanan dan berbagai masalah terkait yang dilandasi tentang meyakinkan Argumen. Pandemi adalah epidemi skala besar yang melintasi perbatasan internasional, biasanya memberikan pengaruh terhadap banyak orang. Suatu penyakit yang menyebar luas ataupun yang dapat membunuh banyak orang dapat dikatakan sebagai pandemi, dapat dikatakan sebagai pandemic jika kondisi atau penyakit tersebut menular. Dari dua pengertian diatas, penulis mencoba menawarkan gagasan tentang Kalam Pandemi yangmana objek kajian yang akan diteliti adalah masalah pola dalam islam yang terjadi akibat Pandemi saat, lebih lanjut akan diteliti menggunakan kajian Kalam. Tesis ini adalah penelitian pustaka (library research) dalam penggalian data menggunakan media sebagai sarana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif mendeskripsikan mengenai perubahan yang terjadi akibat media. Dari penelitian ini, penulis menawarkan sebuah kajian tentang Perubahan Pemikiran Keagamaan Masyarakat ditengah Pandemi COVID-19 menggunakan teori simulacra Jean Bourdillard serta kajian KALAM. Dalam teori simulacra,memunculkan tiga kelompok keagamaan masyarakat ditengah pandemi COVID-19 saat ini. Munculnya kelompok tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh adanya media yang memaparkan konten yang menakutkan, sehingga terjadilah perubahan pola pemikiran keagamaan masyarakat. Dalam kajian Kalam hasil yang diperoleh adalah diperlukannya pengembangan kajian etika terhadap kondisi COVID-19 saat ini serta peran dari kelompok-kelompok elit seperti pemerintah, majelis ulama’ serta organisasi kemasyarakatan dalam lingkup agama. Jika itu sudah dilaksanakan maka, dalam penanggulangi perubahan pemikiran keagaaan masyarakat semakin tertata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasir, Afif Ainunmasapip034@gmail.comF02118032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Samsulsyamsulh@uinsby.ac.id2029037201
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Budaya - Agama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kalam; Pandemi COVID-19; Pemikiran Keagamaan.
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Nasir Afif Ainun
Date Deposited: 14 Aug 2021 02:43
Last Modified: 14 Aug 2021 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49482

Actions (login required)

View Item View Item