Uji akurasi arah kiblat masjid-masjid di sekitar pasar Krian Kabupaten Sidoarjo dalam persfektif ilmu falak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazar, Mohamad Iftian (2021) Uji akurasi arah kiblat masjid-masjid di sekitar pasar Krian Kabupaten Sidoarjo dalam persfektif ilmu falak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Iftian Nazar_C08215012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab dari rumusan masalah, sebagai berikut: bagaimana penentuan arah kiblat masjid-masjid di sekitar Pasar Krian?, serta bagaimana akurasi arah kiblat masjid-masjid di sekitar Pasar Krian jika dikaji dalam perspektif Ilmu Falak?.Penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian field research (studi lapangan), yang bersifat deskriptif analisis. Data primer yang digunakan adalah informasi terkait Masjid Miftahul Abidin, Masjid Al-Falah, dan Masjid Manarul Iman, yang terletak di sekitar Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo. Informasi yang dikumpulkan, yaitu: letak astronomis ketiga masjid tersebut, metode penentuan arah kiblat, dan data hisab arah kiblat menggunakan metode bayang-bayang Matahari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan takmir masjid, observasi, dan dokumentasi. Lalu data yang didapat, diolah dengan menggunakan metode editing dan organizing. Kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah salah satu dari tiga masjid yang diteliti, yaitu Masjid Miftahul Abidin menggunakan metode dan pengukuran arah kiblat berdasarkan standardisasi ilmu falak, yaitu bayang-bayang Matahari. Dari hasil observasi, masjid-masjid di sekitar Pasar Krian menggunakan metode perspektif ilmu falak dengan bayang-bayang Matahari, terdapat kemelencengan antara 1º sampai 6º dalam tingkatan kurang akurat. Hal ini dipengaruhi oleh metode penentuan arah kiblat masjid-masjid yang digunakan terhadap kondisi lingkungan kurang mendukung. Karena masih terdapat masjid-masjid di sekitar Pasar Krian yang arah kiblatnya belum mengarah ke Kakbah, disarankan kepada pengurus takmir untuk menyesuaikan dengan arah kiblat yang seharusnya berdasarkan metode persfektif ilmu falak dengan bayang-bayang matahari. Bagi masyarakat umum yang akan mendirikan masjid atau musala baru, disarankan sebelum melakukan pembangunan, meminta bantuan untuk diukur terlebih dahulu arah kiblatnya kepada pihak-pihak yang berwenang seperti Kementerian Agama, Lembaga Falakiyah NU atau Lembaga Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah setempat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazar, Mohamad Iftianiftiannazar@gmail.comC08215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarram, akh--2023095601
Subjects: Masjid
Keywords: Kiblat; Arah Kiblat masjid; Akurasi arah kiblat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Mohamad Iftian Nazar
Date Deposited: 15 Aug 2021 06:08
Last Modified: 24 Sep 2021 13:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49479

Actions (login required)

View Item View Item