Sejarah pemikiran KH. Muhammad Tholhah Hasan: Islam dan Transformasi Sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Farida Novita (2021) Sejarah pemikiran KH. Muhammad Tholhah Hasan: Islam dan Transformasi Sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Farida Novita Rahmah_A92217108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan historis untuk mengungkapkan riwayat hidup KH. Muhammad Tholhah Hasan yang berkaitan dengan masyarakat, sifat dan watak, dampak pemikiran, dan gagasannya. Sedang teori yang digunakan adalah teori sosiologi agama Wertheim yang menjelaskan bahwa pembaruan agama merupakan refleksi dari perkembangan sosial dan ikhtiarnya untuk sejalan antara pemikiran agama dan struktur sosial. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah, meliputi empat tahap, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) KH. Muhammad Tholhah Hasan adalah seorang tokoh agama, politikus, pemerhati pendidikan, dan sosiolog. Ia lahir pada 10 Oktober 1936 di Lamongan dari pasangan Tholhah dan Anis Fatma. Sedari kecil Tholhah berkutat pada ilmu keagamaan. Ia mengambil program sarjana muda Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Merdeka Malang dan program sarjana Jurusan Ketatanegaraan Universitas Brawijaya. Tholhah meraih gelar Doctor Honoris Causa di bidang pemikiran Pendidikan Islam. 2) KH. Tholhah Hasan dikenal dengan pemikirannya yang visioner. Pemikirannya tersebut dipengaruhi faktor yang mengitarinya; politik, sosial, keagamaan, dan lingkungannya.Tholhah dapat memadukan religiuitas dengan modernitas. Menurutnya, disamping Islam menetapkan kemutlakan wahyu, ia juga memberi peranan akal cukup besar, sebab Islam mempunyai aspek dinamis dan aspek statis. Tholhah memakai sikap moderat dalam menghadapi perubahan zaman. 3) Muhammad Tholhah Hasan dalam pandangaan sejumlah tokoh adalah ulama mumpuni yang memiliki literatur luas dalam keagamaan dan ilmu umum. Selain itu, Tholhah adalah penganut sufisme yang kaya gagasan visioner untuk mengembangkan umat dalam menghadapi tantangan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Farida Novitafaridanovitasyam@gmail.comA92217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhazali, Imamighasannur@yahoo.co.id2012026001
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pemikiran
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Muhammad Tholhah Hasan; Sejarah Pemikiran Islam; Transformasi Sosial.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Farida Novita Rahmah
Date Deposited: 15 Aug 2021 23:35
Last Modified: 15 Aug 2021 23:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49457

Actions (login required)

View Item View Item