Analisis hukum islam terhadap praktik mencari menantu pekerja pelayaran di Desa Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuzula, Firdauzin (2021) Analisis hukum islam terhadap praktik mencari menantu pekerja pelayaran di Desa Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firdauzin Nuzula_C01216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sumber data dalam penelitian lapangan ini adalah tokoh masyarakat dalam hal ini adalah Kepala Desa Klampis Barat dan Kepala KUA kecamatan klampis, kemudian para pihak yang melakukan praktik menantu pekerja pelayaran yaitu kedua orang tuanya. Kemudian dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara sehingga data yang peroleh adalah gambaran umum, praktik, faktor yang melatar belakangi serta manfaat dan kekurangan mencari menantu pekerja pelayaran di Desa Klampis Barat. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan praktek yang terjadi di lapangan, kemudian dianalisis menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Dalam mencarikan dan memilihkan menantu untuk anaknya, banyak masyarakat Desa Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan mencari menantu yang bekerja pelayaran. Manfaatnya masyarakat percaya hal tersebut akan menjadi faktor keberhasilan rumah tangga dan akan terhindar dari keretakan rumah tangga yang disebabkan hal ekonomi. Namun di sisi lain juga memiliki kekurangan yaitu jauh dari keluarga, kekurangan kebutuhan batin dan jika tidak sabar bisa rentan mengarah pada perselingkuhan. praktik mencari menantu pekerja peluyaran yang dilakukan oleh masyarakat Desa Klampis Barat tidak kafaah dalam hal pekerjaan, artinya bahwa pihak suami bekerja sebagai pelayaran sedangkan pihak istri hanya menjadi ibu rumah tangga. Namun, hal itu mubah atau diperbolehkan. Jika menggunakan teori kafaah dalam mencari menantu, maka sebaiknya mencari menantu yang setara atau sepadan. Kafaah memang bukan merupakan rukun dan syarat pernikahan tetapi hanya keutamaan maka sah pernikahan seseorang yang tidak sekufu asalkan dengan keridhoan bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuzula, Firdauzinfirdauzinnuzula48@gmail.comC01216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhufron, Muhammad--197602242001121003
Subjects: Nikah
Perkawinan
Adat
Keywords: Analisis Hukum Islam; Praktik Mencari Menantu Pekerja Pelayaran.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Firdauzin Nuzula
Date Deposited: 13 Aug 2021 11:44
Last Modified: 13 Aug 2021 11:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49454

Actions (login required)

View Item View Item