Studi komparasi perhitungan awal bulan Kamariah antara kitab Tashilu Al-Amtsilah dengan Ephemeris

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhilah, Shintya Khusnatul (2021) Studi komparasi perhitungan awal bulan Kamariah antara kitab Tashilu Al-Amtsilah dengan Ephemeris. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shintya Khusnatul Fadhilah_C07217011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guna menjawab tiga rumusan masalah tersebut, maka metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua data, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah studi kepustakaan yang berupa data-data dari berbagai sumber literatur. Teknis analisis data yang digunakan penulis adalah teknik analisis data deskriptif. Untuk menjelaskan dan menganalisis data yang ada, maka penulis mengkomparasikan metode hisab awal Bulan kamariah kitab Tashil al-Amthilah dengan Ephemeris. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terkait dengan metode perhitungan awal Bulan kamariah menggunakan kitab Tashil al-Amthilah merupakan metode perhitungan hakiki tahkiki, yang memiliki beberapa langkah dalam perhitungannya yaitu langkah pertama adalah mengkonversi tanggal Hijriah ke Masehi, kedua menghitung dan menentukan data-data Bulan dan Matahari menggunakan tabel data abadi dalam kitab tersebut, ketiga setelah menemukan hasil data-data Bulan dan Matahari maka mulai menghitung seluruh aspek dalam penentuan hilal mulai dari jam ijtimak, waktu maghrib, ketinggian hilal dan mukus hilal. Kemudian terkait metode perhitungan awal Bulan kamariah Ephemeris merupakan metode perhitungan hakiki kontemporer yang memiliki beberapa langkah perhitungan yaitu pertama mengkonversi tanggal Hijriah ke Masehi guna menentukan tanggal ijtimak akhir Bulan kamariah. Kedua menghitung dan menentukan data-data Bulan dan Matahari menggunakan tabel data Ephemeris yang telah diperbarui tiap harinya. Ketiga menghitung seluruh aspek dalam penentuan hilal mulai dari jam ijtimak, waktu maghrib, ketinggian hilal dan mukus hilal menggunakan data Bulan dan Matahari Ephemeris yang telah dihitung. Dan yang terakhir, hasil komparasi antara kedua metode perhitungan awal Bulan tersebut tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Seperti penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dalam menentukan awal Bulan Ramadan, Syawal, dan Zuhijah tahun 1442 H menggunakan kedua metode tersebut, yaitu ditemukan perbedaan menit dan detik pada waktu ijtimak, waktu maghrib, ketinggian hilal, dan lama hilal di atas ufuk (mukus). Dari kesimpulan tersebut, maka penulis memberikan saran bahwa Berdasarkan tabel lembar kerja proses perhitungan awal Bulan dalam kitab Tashil al-Amthilah yang mungkin pada sebagian orang awam sangat rumit karena tidak adanya urutan yang rapi, maka sebaiknya tabel lembar kerja proses perhitungan tersebut dimodifikasi lagi menjadi tabel lembar kerja yang memiliki susunan rapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhilah, Shintya Khusnatulshintyakhusnatul.f@gmail.comC07217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Astronomi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Perhitungan Awal Bulan Kamariah; Kitab Tahilu Al-Amtsilah; perhitungan awal Bulan kamariah dengan Ephemeris.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Shintya Khusnatul Fadhilah
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:10
Last Modified: 12 Aug 2021 23:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49422

Actions (login required)

View Item View Item