Evaluasi tingkat kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menggunakan Permenpan Nomor 59 Tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Aulia (2021) Evaluasi tingkat kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menggunakan Permenpan Nomor 59 Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Nabilah_H06217002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada kegiatan di bidang pemerintahan merupakan bentuk dari implementasi e-government. Implementasi egovernment di Indonesia diperdalam dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selama 3 tahun Peraturan terkait SPBE terbit, ditemukan beberapa kendala dalam proses pelaksanaan, regulasi dan sumber daya sehingga belum dapat mencapai target maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukkan proses pengukuran terhadap nilai indeks tingkat kematangan SPBE di Pemerintah Kota Surabaya. Evaluasi yang digunakan mengacu pada PERMENPAN Nomor 59 Tahun 2020. Terdiri dari 47 Indikator yang akan dilakukan penilaian tingkat kematangan sesuai data dan keadaan yang berjalan saat ini. Proses wawancara dilakukan dengan informan dari KOMINFO Surabaya untuk mendapatkan jawaban setiap Indikator. Penilaian dilakukan setelah semua data terkumpul dengan menghitung Nilai Indeks Aspek, Nilai Indeks Domain dan Nilai Indeks SPBE. Hasil dari penilaian ke 47 Indikator, 8 Aspek dan 4 Domain didapat Nilai Indeks SPBE sebesar 3.90 dengan predikat “Sangat Baik”, menunjukkan bahwa SPBE Pemerintah Kota Surabaya telah dilaksanakan sesuai kebutuhan dan mengacu pada regulasi tentang SPBE. Saran terhadap penelitian selanjutnya yaitu dengan pemilihan fokus pada salah satu aspek yang akan diteliti, serta kombinasi penggunaan kerangka kerja evaluasi untuk perbandingan atau sebagai bukti bahwa aspek/objek SPBE yang diteliti sesuai atau terdapat perbedaan dengan penilaian tingkat kematangan menggunakan PERMENPAN Nomor 59 Tahun 2020.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Auliaaulianabila13@gmail.comH06217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: E-Government; Evaluasi; Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik; Tingkat Kematangan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Aulia Nabilah
Date Deposited: 13 Aug 2021 11:28
Last Modified: 13 Aug 2021 11:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49421

Actions (login required)

View Item View Item