Pengaruh penggunaan aplikasi Padlet terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vivianti, Amelya (2021) Pengaruh penggunaan aplikasi Padlet terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelya Vivianti_D07217002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di MIN 2 Sidoarjo pada masa pandemi saat ini hanya dapat dilakukan secara daring atau jarak jauh. Dalam pelaksanaanya guru hanya menyampaikan materi melalui slide Power Point yang dibagikan kepada siswa untuk kemudian dipelajari sendiri oleh siswa. Akibatnya siswa merasa bosan dan menjadikan hasil belajar kurang khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sebagian besar berisi teori-teori. Berdasarkan permasalahan tersebut dalam penelitian ini dibahas salah satu media pembelajaran yang memiliki tampilan menarik sehingga siswa akan tertarik mengikuti pembelajaran yaitu dengan menggunakan aplikasi Padlet. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi padlet terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V MIN 2 sidoarjo. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Padlet terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Sidoarjo. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Sidoarjo. Selanjutnya dari populasi tersebut diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas V-C sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan pemberian soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Padlet berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pre-test adalah 64 menjadi 84,4 pada pemberian post-test. Didukung juga dengan uji hipotesis yang hasilnya adalah 0,015 kurang dari nilai Sig. 0,05 menunjukkan bahwa aplikasi Padlet ini berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vivianti, Amelyalyamel9899@gmail.comD07217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan
Keywords: Aplikasi Padlet; Hasil Belajar Bahasa Indonesia.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amelya Vivianti
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:04
Last Modified: 11 Aug 2021 12:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49415

Actions (login required)

View Item View Item