Peran kepala desa dalam mewujudkan Good Governance pada Pemerintahan Desa Kepuhanyar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Umar Ilham (2021) Peran kepala desa dalam mewujudkan Good Governance pada Pemerintahan Desa Kepuhanyar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umar Ilham Hidayatullah_I01217017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai peran kepala desa dalam mewujudkan Good Governance pada pemerintah desa dan mencari bentuk sinergi dengan stakeholder di Desa Kepuhanyar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : bagaimana peran kepala desa sebagai kepala pemerintahan dalam mewujudkan tata kelola yang baik serta opsi-opsi yang dipilih dalam mewujudkan good governance dan bagaimana bentuk sinergi yang terjalin antara 3 (tiga) stakeholder. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data dengan cara; wawacara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori Good Governance sebagai landasan teori untuk melakukan analisa. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kepala desa mempunyai peran, tugas dan wewenang dalam mengelola, membina serta mengatur pemerintahan desa, sehingga kepala desa juga bertanggung jawab mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Desa Kepuhanyar dengan adanya partisipasi masyarakat desa, transparansi terhadap kinerja kepala desa, dan tanggung jawab penuh terhadap perannya sebagai kepala pemerintahan, 2) Kepala desa juga harus mampu membangun sinergi terhadap 3 (tiga) stakeholder yang ada di desa. Hal ini dibuktikan dengan adanya bentuk kerja sama kepada masyarakat desa dalam bidang pembangunan desa seperti pembangunan salurah irigasi dan pembentukan karang taruna, serta penyalurah hasil produksi tahu oleh pabrik tahu kepada masyarakat desa melalui BUMDes sebagai bentuk kerja sama atau sinergi dengan sektor swasta yang ada di Desa Kepuhanyar. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa, terdapat usaha penerapan prinsip-prinsip Good Governance pada Pemerintahan Desaroleh Kepala Desa Kepuhanyar saat ini. Dengan membaiknya pelayanan dan administrasi di Desa Kepuhanyar pada masa kepemimpinan Kepala Desa saat ini serta adanya sinergi yang dibangun dalam kehidupan birokrasi desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Umar Ilhamumarilhamhidayatullah@gmail.comI01217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhaq, M. Zimamulzimamulkhaq@ymail.com198212022015031002
Subjects: Administrasi
Ideologi Politik
Kepala Desa
Keywords: Kepala desa; Good Governance; Pemerintah desa.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Umar Ilham Hidayatullah
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:32
Last Modified: 11 Aug 2021 13:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49414

Actions (login required)

View Item View Item