Analisis Maqasid al-Shari'ah terhadap pemikiran Nurul Huda Haem tentang cara mengatasi cerai karena Istri Nusyuz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita, Safia Vera (2021) Analisis Maqasid al-Shari'ah terhadap pemikiran Nurul Huda Haem tentang cara mengatasi cerai karena Istri Nusyuz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safia Vera Yunita_C91216184.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber primer yang penulis gunakan adalah buku karya Nurul Huda Haem yang berjudul Indahnya Perceraian yang membahas mengenai nusyuz. Sedangkan data sekunder sebagai data pendukung dalam penulisan ini penulis ambil dari data yang diperoleh penulisan dari sumber yang sudah ada. Adapun sumber data sekunder yang penulis gunakan adalah sumber-sumber data yang berupa buku, karya ilmiah ataupun laporan-laporan hasil penulisan terutama yang berkaitan dengan nusyuz. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa pemikiran Nurul Huda Haem tentang cara mengatasi cerai karena istri nusyuz tidak perlu dengan kekerasan seperti memukul atau kekerasan lainnya. Pemikiran tersebut sesuai dengan maqasid al-shari'ah karena lebih menekankan pada aspek membimbing suami istri menjadi lebih arif karena perceraian yang indah itu tentu saja yang berlangsung tanpa kezaliman apalagi kekerasan. Maka pemikiran Nurul Huda Haem yang tidak memperbolehkan memukul istri sejalan dengan maqasid al-shari'ah, yaitu penghormatan terhadap hak dasar kemanusiaan. Saran untuk setiap keluarga harus memahami konsep nusyuz yang bukan semata kedurhakaan istri tetapi bisa pula dipahami sebagai ketidakharmonisan dalam hubungan perkawinan yang bisa datang dari arah istri maupun suami. Maka jika terjadi ketidakharmonisan dalam rumah tangga atau adanya perlakuan yang tidak wajar dari salah satu pasangan, maka harus ada upaya-upaya keterbukaan atau komunikasi antara suami dan istri yang perlu dikedapankan. Karena kekerasan tidak dibenarkan dan tidak sejalan dengan tujuan syariat, yaitu hifz an-nafs.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita, Safia Verasafiavera70@gmail.comC91216184
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChudlori, M. Zayinzayinch@gmail.com2020125601
Subjects: Nikah > Cerai
Hukum Islam
Nusyuz dan Syiqaq
Keywords: Nusyuz; Pernikahan; Perceraian.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Safia Vera Yunita
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:26
Last Modified: 11 Aug 2021 13:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49396

Actions (login required)

View Item View Item