Makna produktivitas bagi perempuan muslimah di industri kreatif Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Mahmudah (2021) Makna produktivitas bagi perempuan muslimah di industri kreatif Kabupaten Jember. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahmudah_F15431365.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada masa sekarang semakin banyak perempuan yang berusaha di sektor publik terutama di industri kreatif yang sesuai dengan karakter mereka. Sebagai perempuan yang identik dengan peran domestik dan sebagai orang yang beragama, maka 1. Bagaimana makna produktivitas bagi perempuan muslimah di industri kreatif Kabupaten Jember 2. Bagaimana implikasi makna produktivitas bagi perempuan muslimah di industri kreatif Kabupaten Jember? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian dengan purposive. Data primer dan sekunder diperoleh dengan pengamatan non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumenter, dianalisisis dengan metode kualitatif induktif pendekatan model Miles Huberman. Hasil penelitian: 1. Makna produktivitas bagi perempuan muslimah di industri kreatif Kabupaten Jember adalah mengerjakan sesuatu yang bernilai ekonomi atau menghasilkan uang, bukan sekedar melakukan aktivitas sehari-hari mengurus rumah tangga, dengan berkeyakinan bahwa yang dikerjakan harus lebih baik dari sebelumnya, supaya tercapai sebuah kemaslahatan bagi semua (spiritual produktivitas). Makna produktivitas tersebut dilatar belakangi oleh pemahaman akan peran dalam keluarga dan internalisasi nilai agama, 2. Implikasi produktivitas yang bermakna mengerjakan sesuatu yang bernilai ekonomi menjadikan perempuan muslimah membuat beberapa strategi guna mempertahankan dan meningkatkan produktivitas. Strategi tersebut adalah pelatihan, komunitas bisnis, spiritual bisnis serta komunikasi peran. Implikasi penelitian, makna spiritual produktivitas selaras dengan produktivitas filosofis kualitatif Dewan Produktivitas Nasional dengan menjadikan peran dalam keluarga dan nilai agama sebagai faktor pendorong peningkatan produktivitas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Mahmudahmahmudahridlwan75@gmail.comF15431365
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007085804
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Etos Kerja
Emansipasi wanita
Keywords: Produktivitas; Perempuan Muslimah.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahmudah Mahmudah
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:34
Last Modified: 26 Aug 2021 00:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49381

Actions (login required)

View Item View Item