Pencegahan penularan Virus Corona di Masjid Agung Baitul Mukminin Kabupaten Jombang: studi implementasi dan dampak peraturan Bupati Kabupaten Jombang Nomor 57 Tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslimah, Dana Fauziah (2021) Pencegahan penularan Virus Corona di Masjid Agung Baitul Mukminin Kabupaten Jombang: studi implementasi dan dampak peraturan Bupati Kabupaten Jombang Nomor 57 Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dana Fauziah Muslimah_I71217027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meninjau penyebaran virus corona di Kabupaten Jombang dalam tingkat penyebaran virus terhitung sangat cepat dan masif pada setiap daerah sehingga pemerintah daerah dengan cepat harus membuat aturan tentang protokol kesehatan Jombang yang tertuang dalam peraturan Bupati Kabupaten Jombang Nomor 57 Tahun 2020. Upaya pencegahan penularan virus corona ini tertuang dalam peraturan Bupati, terkhusus pada tempat ibadah yakni masjid yang memiliki pedoman tentang menjalankan protokol kesehatan. Penelitian ini berfokus pada implementasi peraturan Bupati tentang protokol kesehatan di masjid. Ada dua pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi peraturan Bupati dalam pencegahan penularan virus corona di masjid. Kedua bagaimana dampak adanya peraturan Bupati tentang pencegahan virus corona. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif-studi kasus, yakni menganalisis lebih jauh dari tindakan pencegahan penularan virus corona dengan mengukur tingkat keberhasilan implementasi di masjid dan juga menganalisis terkait dampak yang terjadi setelah diterapkannya peraturan tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori model implementasi oleh Edwars George III dan pemikiran dampak olehThomas R. Dyee. Penemuan dari penelitian ini adalah: pertama selama melakukan implementasi protokol kesehatan adanya perubahan dari segi perilaku baik kepada takmir masjid maupun jamaah masjid. Perbedaan tersebut adalah pada awal pandemi sangat ketat dalam menerapkan protokol namun seiring berjalannya waktu pada masa new normal saat ini tingkat kesadarannya menjadi berkurang. Hal tersebut terjadi karena pihak masjid yang tidak konsisten dalam menerapkan disiplin protokol dan masyarakat jamaah yang masih ada lalai akan protokol kesehatan.selain itu monitoring yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak masjid belum optimal. Kedua pada setiap kebijakan yang diterapkan akan selalu ada pengaruh atau dampak yang terjadi baik itu dampak positif maupun dampak negatif termasuk dalam kebijakan protokol kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslimah, Dana Fauziahdanafauziahmuslimah@gmail.comI71217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyuthi, Ahmadahmadasuyuthi@gmail.com197407212006041001
Subjects: Fasilitas Umum
Masjid
Pengambilan Keputusan
Keywords: Pencegahan virus corona; Implementasi; Dampak; Perbup; Masjid.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Dana Fauziah Muslimah
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:34
Last Modified: 11 Aug 2021 12:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49370

Actions (login required)

View Item View Item