Self Presentation Media Sosial Instagram di Kalangan Milenial : studi kasus remaja di Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Refansyah, Jaka (2021) Self Presentation Media Sosial Instagram di Kalangan Milenial : studi kasus remaja di Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jaka Refansyah_I73216069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini menghadapi jaman milenial, Semua interaksi sosial dikemas dalam satu media, salah satunya adalah jejaring media sosial. Media sosial sekarang menjadi panggung di mana orang menunjukkan diri untuk mendapatkan pengakuan dan popularitas. Selain itu, menggunakan media sosial adalah salah satu alat untuk mendapatkan penghasilan. Media sosial saat ini telah menjadi panggung bagi manusia, hampir seluruh kegiatan mereka lakukan sehari-hari diunggah atau diekspose ke dalam media sosial. Saat ini orang-orang yang menggunakan media sosial bernampilan menarik untuk mendapatkan perhatian dari netizen, bahkan beberapa orang bisa di katakan memaksa dalam berpenampilan yang menonjol dengan memakai pakaian branded untuk mendukung penampilan mereka dipanggung jejaring media sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prilaku self presentation dalam menggunakan media sosial instagram dikalangan milenial, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam self presentation dan strategi yang digunakan ketika bermedia sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dan menggunakan teori dramaturgi. Teori dramaturgi merupakan sebuah perspektif sosiologi yang memusatkan pada manajemen dalam kehidupan sehari-hari dan mengeksplorasi bentuk-bentuk diri sosial, hubungan, dan realitas sosial melalui penggunaan bahasa dan interaksi mikroanalitik. Aspek penting dari teori dramaturgi dalam konteks komunikasi adalah konsep penonton, hubungan antara individu dan penonton pada waktu dan tempat tertentu, dan dengan membuat kesan, individu juga mengontrol presentasinya. Kesimpulan yang bisa diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Dalam penggunaan self presentation dalam media sosial instagram perilaku didukung dengan banyaknya fitur-fitur yang disediakan, Wujud dari membangun sebuah citra diri ini Wujud dari membangun sebuah citra diri ini. (2) Faktor pendukung dan penghambat untuk mengekspresikan diri di media sosial Instagram, menarik atau tidak, dapat ditemukan di halaman profil orang tersebut, dapat dilihat dari feed instagram yang ditampilkannya. (3) Strategi presentasi diri adalah upaya untuk secara sengaja membentuk kesan atau pandangan tertentu dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Ada delapan strategi diri yaitu Self promotion, ingratiation, intimidation, exemplification, suplification, self handcopping, altercasting, aligning action.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Refansyah, Jakajakarefansyah5@gmail.comI73216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Media Massa
Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Keywords: Self Presentation; Kalangan Milenial; Instagram.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Jaka Refansyah
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:47
Last Modified: 11 Aug 2021 12:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49362

Actions (login required)

View Item View Item