Revitalisasi gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur dalam misi moderasi beragama perspektif strukturalisme genetik Pierre Bourdieu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnomo, M. Erik (2021) Revitalisasi gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur dalam misi moderasi beragama perspektif strukturalisme genetik Pierre Bourdieu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Erik Purnomo_E91215030.pdf

Download (1MB)

Abstract

GP Ansor Jawa Timur sebagai banom dari organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama memiliki tanggung jawab melanjutkan misi konsep moderasi beragama. Faktanya penelitian mengenai mengenai hal itu belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan revitalisasi Gerakan Pemuda Ansor dalam menjalankan misi moderasi dalam beragama di Jawa Timur dan menjelaskan metode legitimasi tersebut dalam tinjauan strukturalisme genetik Pierre Bourdieu dengan kunci teorinya habitus, modal, dan arena. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur dalam revitalisasi misi moderasi beragama melingkupi tiga aspek yang diperhatikan untuk mencapai nilai dan tujuan organisasi mereka. Tiga aspek itu adalah aspek pendidikan, dakwah dan ekonomi, sedangkan politik merupakan hasil dari ketiganya. Hal inilah yang telah dipetakan oleh Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur dalam misi revitalisasi moderasi beragama. Berdasarkan perspektif strukturalisme genetik Pierre Bourdieu, bahwa Habitus Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur adalah organisasi yang lahir dari embrio NU, yang dalam pandangannya menggunakan Islam moderat. Sedangkan Arena Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur adalah arena religius dalam hal ini berkaitan dengan Islam Ekstrimis di Indonesia, menjadi arena bagi Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur Selain itu, strategi GP Ansor Jawa Timur juga memetakan para anggotanya dalam berbagai lingkungan sosial sebagai arenanya, mulai dari akademisi, kyai hingga preman. Dan Modal Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur adalah tiga elemen yakni: basis massa, ulama’, dan tradisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnomo, M. Eriknagacell678@gmail.comE91215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Budaya Organisasi
Toleransi
Kepemimpinan
Keywords: GP Ansor; NU; Moderasi Beragama; Pierre Bourdieu.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: m. erik purnomo
Date Deposited: 09 Aug 2021 20:42
Last Modified: 09 Aug 2021 20:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49351

Actions (login required)

View Item View Item