Persepsi dan minat generasi muda pada modernisasi pertanian di Desa Bulukidul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Siti Nur (2021) Persepsi dan minat generasi muda pada modernisasi pertanian di Desa Bulukidul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Kasanah_I73217074.pdf

Download (3MB)

Abstract

Petani merupakan salah satu jenis pekerjaan masyarakat di Desa Bulukidul, lahan pertaniannya dapat dikatakan masih luas. Semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dan maju, termasuk di sektor pertanian. Alat-alat pertanian semakin canggih. Kegiatan pertanian harus tetap dipertahankan dan dikembangkan. Generasi muda diharapkan dapat melanjutkan proses regenerasi petani. Penelitian ini berusaha untuk menggali dan memahami bagaimana persepsi dan minat generasi muda pada modernisasi pertanian, serta apa faktor yang mempengaruhi persepsi dan minat mereka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial Max Weber dan didukung oleh teori modernisasi Wilbert Moore. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terhimpun dianalisis melalui tahap reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan persepsi generasi muda pada modernisasi pertanian cenderung baik. Generasi muda cenderung minat pada pertanian yang sudah modern dibandingkan pertanian yang belum modern. Namun, modernisasi pertanian tidak akan berpengaruh pada minat generasi muda yang memang pada dasarnya tidak berminat berkecimpung di bidang pertanian. Persepsi generasi muda terhadap modernisasi pertanian variatif, dipengaruhi oleh sifat bebas, aktif, dan kreatif dalam berfikir maupun bertindak. Sifat dari persepsi ini bersifat subjektif dimana setiap individu memiliki pandangan tersendiri tentang adanya modernisasi pertanian. Sedangkan minat pada modernisasi pertanian dipengaruhi oleh rasionalitas yang diklarifikasikan menjadi empat oleh Max Weber. Faktor yang menentukan persepsi pemuda hanya berasal dari faktor internal, sedangkan yang menentukan minat terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal dan fakot internal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Siti Nursnur0528@gmail.comI73217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisa_umsida67@yahoo.com2006056701
Subjects: Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat
Pertanian
Keywords: Modernisasi; Pertanian Persepsi; Minat.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: siti nur kasanah
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:29
Last Modified: 11 Aug 2021 13:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49328

Actions (login required)

View Item View Item