تحليل الكتاب المدرسي بين الكتاب "هيا نتعلم العربية" و"العصري" (دراسة مقارنة بمعيار وكالة معايير التعليم الوطنية BSNP)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslimah, Kiki Cahya (2021) تحليل الكتاب المدرسي بين الكتاب "هيا نتعلم العربية" و"العصري" (دراسة مقارنة بمعيار وكالة معايير التعليم الوطنية BSNP). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Cahya Muslimah_F02619204.pdf

Download (3MB)

Abstract

Buku teks sebagai salah satu bahan dan sumber belajar mempunyai peranan penting sebagai salah satu faktor penentu kesuksesan dalam proses pembelajaran. Adapun pokok masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perbandingan antara buku teks “Hayya Nata’allamul ‘Arabiyah” dan “Al- ‘Ashri” dari perspektif Badan Standar Nasional Pendidikan? dan (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan antara buku teks “Hayya Nata’allamul ‘Arabiyah” dan “Al- ‘Ashri” dari perspektif Badan Standar Nasional Pendidikan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara buku teks “Hayya Nata’allamul ‘Arabiyah” dan “Al- ‘Ashri” dan kelebihan juga kekurangan antara buku teks “Hayya Nata’allamul ‘Arabiyah” dan “Al- ‘Ashri” dari perspektif Badan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan teknik analisis data konten isi (analysis content). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perbandingan untuk buku teks “Hayya Nata’allamul ‘Arabiyah” dari kelayakan isi 82,14% dengan kategori baik. Dari kelayakan penyajian 80,75% dengan kategori baik. Untuk kelayakan Bahasa 99,11% dengan kategori baik sekali, dan kelayakan kegrafikaan 92,99% dengan kategori baik sekali. Kedua, hasil analisis untuk buku teks “Al-‘Ashri” dari kelayakan isi 81,94% dengan kategori baik. Dari kelayakan penyajian 69,62% dengan kategori baik. Lalu kelayakan Bahasa 96,09% dengan kategori baik sekali, dan kelayakan kegrafikaan 96,47% dengan kategori baik sekali, (2) Kelebihan “Hayya Nata’allamul ‘Arabiyah” keseluruhan kualitasnya berdasar nilai BSNP lebih baik tetapi kekurangannya adalah satu dars yang belum lengkap komponennya, kelebihan “Al-‘Ashri” adalah cakupan Kompetensi Dasar lebih lengkap dan buku menggunakan ilustrasi penuh warna tetapi kekurangannya adalah materi dalam buku kurang luas dan mendalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslimah, Kiki Cahyaqie92muslimah@gmail.comF02619204
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Buku
Keywords: Buku Teks; BSNP - Badan Standar Nasional Pendidikan.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kiki Cahya Muslimah
Date Deposited: 08 Aug 2021 23:33
Last Modified: 08 Aug 2021 23:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49287

Actions (login required)

View Item View Item