Penanaman kepercayaan diri anak melalui metode bermain peran berbasis profesi kelompok B di TK Sunan Ampel Patemon Tanggul Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulya, Erynka Iryaning (2021) Penanaman kepercayaan diri anak melalui metode bermain peran berbasis profesi kelompok B di TK Sunan Ampel Patemon Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erynka Irianing Aulya_D09217009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Percaya diri adalah keyakinan atas kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu dengan benar dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan sehingga dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki anak. Peningkatan kepercayaan pada jenjang pada anak usia TK dengan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, diberikn secara berulang-ulang dengan keteladanan, pembiasaan salah satunya melalui metode beramin peran. Penelitian ini bertujuan untuk ( 1 ) bagaimana penerapan metode bermain peran berbasis profesi kelompok B di TK Sunan Ampel Patemon tanggul Jember dan ( 2 ) bagaimana penerapan metode bermain peran berbasis profesi dapat membentuk kepercayaan diri anak kelompok B di TK Sunan Ampel Patemon Tanggul Jember. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskripstif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul proses selnjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bermain peran berbasis profesi kelompok B di TK Sunan Ampel Patemon Tanggul Jember, dengan guru mempersiapkan mulai dari RPPH agar kegiatan berjalan secara terstruktur, setelah itu guru menjelaskan terkait dengan nama-nama dan tugas profesi, dan juga memperagakan tugas dari tiap profesi menggunakan properti agar mudah dipahami oleh anak. Bagaimana penerapan metode bermain peran berbasis profesi dapat membentuk kepercayaan diri anak kelompok B di TK Sunan Ampel Patemon Tanggul Jember yaitu sudah mengalami peningkatan yang signifikan terlebih lagi bagi anak yang pendiam sudah mulai tertarik dan berani untuk tampil di depan temannya, dan sudah aktif, bereskpresif selama mengikuti kegiatan bermain peran. Bermain peran juga membuat anak termotivasi untuk mempunyai cita-cita mengejar cita-cita yang diinginkan anak, sehingga anak menjadi lebih semangat dalam belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulya, Erynka Iryaningerynka24@gmail.comD09217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilun--196707061994032001
Thesis advisorAziz, Yahya--197208291999031009
Subjects: Kecakapan
Kepribadian
Keterampilan
Keywords: Kepercayaan Diri; Bermain Peran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Erynka Iryaning Aulya
Date Deposited: 11 Aug 2021 11:13
Last Modified: 11 Aug 2021 11:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49276

Actions (login required)

View Item View Item