Karakteristik habitat peneluran penyu lekang (lepidochelys olivacea) di pantai Cemara Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Muhammad Rezha (2021) Karakteristik habitat peneluran penyu lekang (lepidochelys olivacea) di pantai Cemara Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Rezha Rachman _H71216062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyu Lekang termasuk kedalam salah satu fauna yang dilindungi karena populasinya yang terus berkurang dan terancam punah. Penyu Lekang dapat bermigrasi dalam jarak yang sangat jauh di sepanjang Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Asia Tenggara. Penyu lekang merupakan salah satu dari berbagai jenis penyu yang banyak dijumpai di Indonesia. Pantai Cemara Banyuwangi merupakan salah satu pantai yang dijadikan sebagai tempat peneluran penyu lekang secara alami dengan panjang pantai ± 2 km. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik, kimia, dan biologi pada pantai Cemara Banyuwangi yang digunakan sebagai tempat peneluran penyu secara alami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling untuk menentukan stasiun penelitian dengan melihat letak bekas sarang penyu yang baru mendarat. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengambilan data secara observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian menujukan bahwa lebar pantai Cemara Banyuwangi berkisar 28-36 m dengan kemiringan antara 17-29⁰. Suhu pasir pada pantai Cemara Banyuwangi berkisar antara 27-32℃ dengan kelembaban pasir berkisar 2,8-3,6%. Struktur pasir yang ada di pantai Cemara Banyuwangi termasuk kategori pasir sedang dengan ukuran butir pasir 0,267-0,325 mm. pH pada pantai berkisar antara 6,7-7,0 dengan kandungan mineral yang ditemukan CaO 19,46%, SiO₂ 29,85%, dan Fe₂O₃ 31,9%. Hasil identifikasi vegetasi yang ada dilokasi penelitian ditemukan 8 spesies yaitu Ischaemum muticum, Cyperus rotundus, Spinifex littoreus, Ipomoea pes-capre, Pandanus tectorius, Terminalia catappa, Cocos nucifera L, Casuarina equisetifolia. Hewan yang berpotensi menjadi predator adalah anjing liar, kepiting, biawak, dan semut. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwasanya karakteristik fisik, kimia, dan biologi pantai Cemara Banyuwangi tergolong baik untuk tempat peneluran penyu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Muhammad Rezharezha.rachman99@gmail.comH71216062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail2020048801
Subjects: Ekologi
Keywords: Penyu Lekang; Habitat; Penelusuran; Pantai Cemara.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Mochammad Rezha Rachman
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:35
Last Modified: 05 Aug 2021 23:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49258

Actions (login required)

View Item View Item