Kampanye di Masa Pandemi Covid-19 dalam kontestasi pemilihan Wali Kota Surabaya Tahun 2020: analisis pasangan calon Eri Cahyadi dan Armuji

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiyana, Alivia (2021) Kampanye di Masa Pandemi Covid-19 dalam kontestasi pemilihan Wali Kota Surabaya Tahun 2020: analisis pasangan calon Eri Cahyadi dan Armuji. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alivia Widiyana_I71217021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kampanye politik yang dijalankan oleh pasangan Eri Cahyadi dan Armudji dalam kontestasi pemilihan wali kota Surabaya tahun 2020. Pilkada serentak pada tahun 2020 merupakan agenda politik yang pertama kali diselenggarakan di tengah bencana non alam yakni adanya pademi covid-19. Komunikasi politik memegang peranan penting dalam mengantarkan Eri Cahyadi dan armudji untuk merebut kursi kepemimpinan. Keseriusan dalam menggunakan komunikasi politik terlihat dari strategi kampanye yang berhasil dijalankan melaui cara segmentasi, branding dan positioning. Karena KPU RI memberikan batasan - batasan kampanye di masa pandemi covid-19 guna meminimalisir penyebaran virus corona, untuk itu Eri Cahyadi dan Armudji menggunakan komunikasi maasa sebagai penopang popularitasnya. selain itu, skripsi ini juga bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye politik dan efektivitas kampanye politik Eri Cahyadi dan Armudji yang dilaksanakan di masa pandemi covid-19. Karena kampanye yang dijalankan di masa pandemi covid-19 berbeda dengan kampanye - kampanye politik pada umumnya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menngunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, dan untuk teknik analsis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta keabsahan data. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada saat kampanye adalah komunikasi politik dan kampanye politik Keberhasilan Eri Cahyadi Dan Armudji dalam merebut kursi kepemimpinan di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yang pertama adalah kekuatan seorang figur atau kekuatan politik kekerabatan, sosok Tri Rismaharini sangat berpengaruh dalam proses kampanye yang dijalankan oleh Eri Cahyadi dan Armudji sebagai branding dan positioningnya, dan yang kedua Eri Cahyadi di usung oleh PDIP yang dimana partai tersebut sangat mendominasi kekuatan politik di kota Surabaya. Kampanye Eri- Armudji dapat dikatakan efektif karena menggunakan komunikasi politik sebagai acuan yaitu komunikasi interpersonal dan komunikasi massa. Hal ini terlihat ketika melakukan blusukan, menjalankan kampanye akbar serta memanfaatkan media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiyana, Aliviaaliviawidiyana@gmail.comI71217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037801
Subjects: Manajemen Strategi
Politik
Partai Politik
Keywords: Kampanye; Pilkada; Covid-19.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Alivia Widiyana
Date Deposited: 11 Aug 2021 11:54
Last Modified: 11 Aug 2021 11:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49233

Actions (login required)

View Item View Item