Diversitas Asteroidea (Bintang laut) dan Ophiuroidea (Bintang mengular) pada kawasan Pantai Malang Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Nur Fina (2021) Diversitas Asteroidea (Bintang laut) dan Ophiuroidea (Bintang mengular) pada kawasan Pantai Malang Selatan. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Nur Fina Mawaddah_H01217014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wilayah pesisir laut Indonesia terkenal dengan berbagai macam sumber daya alam baik itu dari kekayaan maupun keanekaragaman alamnya. Pantai Malang selatan menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi adanya pertumbuhan Asteroidea dan Ophiuroidea yang cukup tinggi. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk Mengetahui keanekaragaman serta kelimpahan Asteroidea dan Ophiuroidea di Kawasan pantai Malang Selatan. Penelitian ini dilakukan dimulai pada tanggal 17-19 November 2020. Pemasangan sampel menggunakan metode tegak lurus dengan ukuran plot 5x5 meter, jarak antar plot 5 meter dan jarak antar stasiun 10 meter. Jumlah plot dan jumlah stasiun tiap pengamatan akan menyesuaikan sesuai dengan kondisi di lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu indeks keanekaragaman, indeks dominansi, kelimpahan relatif dan frekuensi kehadiran tiap spesies. Dari penelitian ini di temukan 1 spesies Asteroidea yaitu Linckia guildingi dan 6 spesies Ophiuroidea yaitu Ophiomastix annulosa, Ophiarachnella parvispina, Ophiocoma scolopendrina, Ophiocoma dentata, Ophiothrix exigua dan Macrophiothrix longipeda. Nilai Indeks keanekaragaman di seluruh pantai yaitu kurang dari 1 yang berarti pada semua pantai dikatakan memiliki nilai keanekaragaman yang rendah. Indeks dominansi tertinggi pada spesies Ophiocoma scolopendrina dan terendah pada spesies Ophiarachnella parvispina. Spesies yang melimpah di semua pantai dan mempunyai nilai frekuensi kehadiran tertinggi yaitu Ophiochoma scolopendrina sebesar 100% sedangkan spesies yang lebih sedikit melimpah dan frekuensi kehadirannya yaitu 3 Ophiuroidea yaitu Ophiothrix exigua, Ophiarchnella parvispina, Macrophiothrix longipeda dan 1 Asteroidea yaitu Linckia guildingi sebesar 25%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Nur Finafina.mawaddah99@gmail.comH01217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Ekologi
Keywords: Diversitas; frekuensi kehadiran; Bintang laut; Bintang mengular; Malang Selatan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nur Fina Mawaddah
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:30
Last Modified: 17 Oct 2021 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49181

Actions (login required)

View Item View Item