Analisis Hukum Islam terhadap pembagian harta bersama berdasarkan kontribusi orangtua ketika masa perkawinan dalam Putusan Nomor: 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Ni'matus (2021) Analisis Hukum Islam terhadap pembagian harta bersama berdasarkan kontribusi orangtua ketika masa perkawinan dalam Putusan Nomor: 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matus Zakiyah_C91217137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kepustakaan dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Pembagian Harta Bersama Berdasarkan Kontribusi Orangtua Ketika Masa Perkawinan Dalam Putusan Nomor 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan peenlitian yang dijabarkan dalam tiga rumusan masalah yaitu : Bagaimana Kedudukan Pemberian Orang Tua Ketika Masa Perkawinan Dalam Putusan Nomor: 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk Tentang Pembagian Harta Bersama, Apa Dasar Pertimbangan Hakim Terhadap Pembagian Harta Bersama Berdasarkan Kontribusi Orangtua Ketika Masa Perkawinan Dalam Putusan Nomor 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk, serta Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Terhadap Pembagian Harta Bersama Berdasarkan Kontribusi Orangtua Ketika Masa Perkawinan Dalam Putusan Nomor 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi yang selanjutnya data-data tersebut diolah menggunakan teknik editing dan organizing. Selanjutnya, data-data yang telah diolah tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif yaitu memberi gambaran secara terstruktur terkait penetapan gugatan harta bersama beserta pertimbangan yang digunakan oleh hakim dalam Putusan Nomor: 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk yang membagi harta bersama berupa tanah beserta bangunan rumah diatasnya sebanyak 1/3 untuk Penggugat atau istri dan 2/3 untuk Tergugat atau suami. Kemudian pertimbangan tersebut dianalisis menggunakan teori hukum Islam yaitu teori ‘Urf. Hasil penelitian ini menunjukkan 3 kesimpulan sebagai berikut : Pertama, bahwa kedudukan pemberian orangtua dalam Putusan nomor: 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk adalah sebagai harta bersama dikarenakan pemberiannya dilakukan ketika Penggugat dan Tergugat masih dalam ikatan perkawinan dan pemberian tersebut bukan berupa hibah atau warisan. Kedua, bahwa dalam Putusan nomor 0655/Pdt.G/2015/PA.Yk, majelis hakim menetapkan tanah beserta bangunan rumah diatasnya menjadi harta bersama bukan harta milik pribadi suami mau pun istri dengan pertimbangan adat tradisi yang berlaku di jawa dan mengenai pembagian harta bersama tersebut yaitu 1/3 untuk Penggugat dan 2/3 untuk Tergugat hakim mempertimbangankan dengan tetap melihat seberapa besar pemberian orangtua Penggugat. Pertimbangan hakim dalam menetapkan pemberian orangtua sebagai harta bersama berdasarkan tradisi yang berlaki di masyarakat jawa dapat dikatakan sebagai ‘Urf karena telah memenuhi syarat-syarat ditetapkannya ‘Urf. Dan jika dikategorikan kedalam jenis-jenis ‘Urf maka tradisi terebut tergolong ‘Urf S}ah}ih, ‘Urf Khas dan ’Urf al-amali. Dikarenakan tradisi tersebut dapat disebut sebagai‘Urf maka pembagiannya pun juga sesuai dengan syariat islam dan tetap mendatangkan kemaslahatan.
Dari penelitian ini penulis memberikan saran kepada pasangan suami istri saat melakukan perkawinan juga membuat perjanjian perkawinan sebagai langkah antisipasi ketika terjadi perceraian permasalahan harta bersama dapat diselesaikan dengan lebih mudah..

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, Ni'matusnikmatuszakiyah01@gmail.comC91217137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsfirani, Mohammadmoh.isfironi@gmail.com2011087001
Subjects: Harta Perkawinan
Keywords: harta bersama; pembagian; Harta pemberian orangtua.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ni'matus Zakiyah
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:23
Last Modified: 04 Aug 2021 23:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49160

Actions (login required)

View Item View Item